What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Setelah Nakes, Kapan Masyarakat Umum Akan Menerima Vaksin Booster Kedua?

author
Ruth Sinambela
Jumat, 5 Agustus 2022 | 11:01 WIB
Kelompok rentan akan menjadi prioritas pemerintah untuk pemberian vaksin booster kedua, apabila vaksin booster pertama telah mencapai target | Shutterstock

Setelah dimulai serentak pada 29 Juli 2022 yang lalu, hingga saat  ini sekitar 4 juta nakes (tenaga kesehatan) masih bergiliran menerima vaksin booster kedua yang telah disiapkan oleh pemerintah, Bun. Melalui kesatuan kerjanya masing-masing, nakes yang telah mendapat jadwal vaksin dapat langsung menerima vaksin booster kedua yang telah disediakan dan ditetapkan oleh pemerintah.

Hal ini tentu menjadi sangat penting mengingat angka tambahan kasus Covid-19 yang masih mengalami kenaikan setiap harinya, terutama karena subvarian virus Omicron BA.4 dan BA.5 yang kini sedang merebak di Indonesia. 

Baca Juga: Covid-19 Gelombang Empat Belum Capai Puncaknya, Pemerintah Berikan Vaksin Booster Kedua untuk Nakes Mulai Hari Ini

Ditambah lagi nakes sebagai garda terdepan, sudah menerima booster pertama lebih dari 6 bulan yang lalu, tentu kini efektivitas antibodi yang dimiliki untuk menghalau virus telah jauh menurun. Dari situlah pada akhirnya Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan Surat Edaran mengenai ditetapkannya pemberian vaksin booster kedua untuk tenaga kesehatan, pada Kamis (28/7/2022). 

Vaksin booster kedua untuk kelompok rentan

Belum dapat dipastikan kapan akan mulai diberikan, pemerintah melalui Juru Bicara Covid-19 Kemenkes, Bapak Moh Syahril, menjelaskan bahwa hingga saat ini pihak Kemenkes masih mempersiapkan regulasi pemberian dosis keempat bagi masyarakat umum, dan masih dalam tahap pengkajian.

Belum dapat dipastikan kapan kelompok rentan dan masyarakat umum bisa mendapatkan vaksin booster kedua | Shutterstock

Meskipun, Bapak Moh. Syahril juga mengungkapkan, seperti dilansir dari nasional.kontan, bahwa apabila kajian maupun regulasi telah menetapkan pemberian vaksin keempat atau booster kedua dapat diberikan untuk masyarakat, yang paling pertama akan menerimanya tentu adalah masyarakat yang termasuk dalam kelompok rentan, Bun.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Konsisten Naik, Bun! Presiden Imbau Kenakan Masker dan Vaksin Booster sebagai Syarat Perjalanan Dalam Negeri

Target pemberian vaksin booster pertama belum tercapai

Perlu digaris bawahi kalau pemberian vaksin booster kedua untuk masyarakat kelompok rentan maupun umum belum disepakati apalagi diputuskan, ya! Hal ini juga dipengaruhi oleh belum tercapainya pemberian vaksin booster pertama bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Seperti diketahui, pemerintah sendiri menargetkan 50 - 70 persen vaksin booster pertama dapat diterima oleh masyarakat. Padahal kenyataannya hingga saat ini, masyarakat Indonesia yang telah menerima vaksin booster pertama baru mencapai 26,8 %. Masih jauh sekali dari harapan yang ditargetkan pemerintah ya, Bun.

Karena itulah pemerintah kini masih fokus pada pencapaian target pemberian vaksin booster, untuk mewujudkan HERD Immunity terhadap Covid-19.

Baca Juga: Vaksin HPV Gratis untuk Anak Perempuan Dimulai Agustus Mendatang

Bagaimana dengan Bunda dan keluarga sendiri, sudahkan Bunda sekeluarga mendapatkan vaksin booster pertama? Kalau belum, yuk, ajak seluruh keluarga untuk segera mendapatkan vaksin booster pertama secara gratis di seluruh fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta, yang terdekat dari tempat tinggal Bunda, ya! Semangat sehat!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi