What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Vaksin HPV Gratis untuk Anak Perempuan Dimulai Agustus Mendatang

author
Ruth Sinambela
Jumat, 22 April 2022 | 11:33 WIB
Vaksin HPV Dapat Mencegah Kanker Serviks | Shutterstock

Kabar gembira datang dari Kementerian Kesehatan nih, Bun. Putri kecil Bunda yang masih berusia 11-12 tahun akan mendapatkan vaksin HPV gratis tahun ini! Vaksin HPV atau Human Papilloma Virus ini merupakan vaksin yang dapat mencegah terjadinya kanker serviks atau kanker rahim pada kaum perempuan.

Baca Juga: Mencegah Kanker Serviks, Kanker Nomor 2 Terbanyak di Dunia

Syarat pemberian vaksin

Karena program vaksin HPV gratis ini belum menjadi program nasional, dan masih menyasar anak-anak berusia sekitar 11-12 tahun, atau kelas 5 - 6 SD, maka syarat yang diperlukan pun sangat mudah, Bun.

Dikonfirmasi langsung oleh Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes, Ibu Prima Yosephine, vaksin HPV bisa diakses gratis tanpa syarat yang rumit.

"Nggak pakai syarat, cukup si anak yang sudah berusia segitu, yakni kelas 5 dan 6 SD, nanti akan dikasih, jika memang daerahnya sudah masuk ke dalam pemberian layanan tersebut," ujarnya saat memberi keterangan, Selasa (19/4/2022).

Mengenai daerah yang telah masuk ke dalam daftar pemberian vaksin HPV gratis barulah 131 daerah kabupaten dan kota yang sudah menjalankan layanan vaksinasi HPV, yaitu DKI Jakarta, DIY Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sumatera Utara.

Vaksin HPV Gratis Program Pemerintah Ditujukan untuk Anak Perempuan Berusia 11 Sampai 12 Tahun | Shutterstock

Pelaksanaan pemberian vaksin HPV

Masih menurut Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes, Ibu Prima Yosephine, daerah yang telah ditargetkan tersebut di atas akan menjangkau 889 ribu anak perempuan usia kelas 5 dan 6 SD, Bun. Tentu nantinya Kemenkes juga akan memperluas wilayah pemberian vaksin hingga menjadi program nasional.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Penting Vaksin Rotavirus bagi Si Kecil, Bun!

Namun untuk sementara, pemberian vaksin HPV gratis baru akan diterimakan oleh anak-anak berusia 11-12 tahun di daerah yang terjangkau ini, dan akan mulai diadakan pada bulan Agustus tahun ini untuk dosis ke-1, dilanjutkan bulan November untuk pemberian dosis ke-2.

Sebagai informasi, Kemenkes baru akan merencanakan vaksinasi HPV gratis ini sebagai program nasional pada tahun 2023 mendatang, Bun. Nantinya vaksin kanker serviks ini akan jadi imunisasi wajib bagi anak di seluruh Indonesia.

Kanker Leher Rahim atau Kanker Serviks Merupakan Kanker Terbanyak No.2 di Dunia | Shutterstock

Kanker nomor 2 paling banyak diderita perempuan di Indonesia

Tahukah Bunda bahwa harga vaksin HPV ternyata cukup tinggi, yaitu kisaran 750.000 hingga 1.500.000 untuk sekali suntik atau satu dosis vaksin? Hal inilah kemudian yang membuat program pemberian vaksin HPV gratis bagi anak-anak berusia 11-12 tahun ini, menjadi angin segar dan banyak didukung oleh masyarakat, Bun.

Ditambah lagi mengingat angka kematian akibat kanker serviks serta kanker rahim di Indonesia cukup tinggi, hingga menjadi penyebab kematian tertinggi ke-2 perempuan di Indonesia, dengan jumlah 36.633 kasus atau 9,2 persen dari total kasus kanker, berdasarkan data Kementerian Kesehatan 31 Januari 2019.

Tentu akan sangat baik apabila ke depannya pemberian vaksin HPV gratis ini dapat berjalan rutin dan menjadi program nasional ya, Bun!

Baca Juga: Ini 5 Jenis Kanker yang Paling Banyak Dialami Anak-anak Menurut WHO

Semoga saja kerja sama yang baik dari pemerintah dan semua badan, lembaga, pelayanan kesehatan, dan semua pihak yang terlibat di dalam program ini dapat menyukseskan dan mendorong ke depannya kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat di seluruh Indonesia untuk bisa ikut mendapatkan vaksin HPV gratis ini juga. Yuk, dukung dan doakan program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan ini, agar dapat berjalan sesuai target tanpa kendala apa pun.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela