Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Manfaat Keju untuk Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak

author
Ruth Sinambela
Selasa, 8 November 2022 | 15:00 WIB
Bayi sangat menyukai tekstur dan rasa keju | Shutterstock

Memiliki rasa yang gurih dan sedikit asin, keju menjadi salah satu topping favorit yang sering para Bunda tambahkan di dalam menu MPASI anak. Selain memberikan tambahan rasa, keju juga membuat MPASI memiliki tekstur yang lebih kaya.

Selain itu anak-anak memang sangat menyukainya, bahkan apabila keju hanya dipotong kecil-kecil dan dijadikan camilan! Beberapa jenis keju yang cocok untuk dikonsumsi anak-anak, misalnya  keju cottage, krim keju, keju mozzarella, dan keju cheddar.

Baca Juga: 5 Ide Kreasi Olahan Mangga untuk MPASI Anak

Namun yang lebih penting lagi kandungan nutrisi di dalam keju yang ternyata sangat baik untuk tumbuh kembang anak, Bun! Setidaknya dalam 100 gram keju terkandung 326 kalori, 22,8 gram protein, 20,3 gram lemak, 777 mg kalsium, 228 mg fosfor, 82,7 mg kalium, 3,1 mg zinc, dan 227 mcg vitamin A. Berkat kandungan nutrisi yang berlimpah ini, si kecil akan mendapatkan beberapa manfaat jika rutin mengonsumsinya. Apa saja?

Menjaga kesehatan tulang

Mengonsumsi keju secara rutin akan membuat kebutuhan kalsium dan protein anak terpenuhi dan tentu saja secara otomatis akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang anak.

Bahkan juga dapat mengurangi risiko osteoporosis di masa depan, hingga mencegah penyakit rakitis yang dapat menyebabkan tulang menjadi lunak, kaki bengkok, otot melemah, dan pertumbuhan terhambat.

Menjaga kesehatan gigi

Seperti Bunda ketahui, keju mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi anak.

Bahkan sebuah studi menyebutkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi lebih banyak produk olahan susu, seperti keju, memiliki risiko gigi berlubang yang lebih kecil, Bun!

Keju dapat dipotong kecil-kecil dan dijadikan menu finger food bayi | Shutterstock

Baca Juga: Nggak Mau Repot Bikin Camilan Sore? Bikin Cilok Isi Keju Ini Aja, Yuk!

Menjaga kesehatan pencernaan

Tahukan Bunda kalau beberapa jenis keju, seperti keju mozzarella, cheddar, dan gouda, mengandung probiotik yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan saluran cerna! 

Selain itu keju juga mengandung Zinc, Bunda. Kandungan Zinc sangat bermanfaat dalam penanganan diare pada anak.

Menjaga kesehatan jantung

Keju mengandung lemak sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dan jangan lupakan juga asam linoleat yang mampu mengurangi peradangan dan mencegah obesitas.

Perkembangan otak

Meski keju memiliki banyak manfaat baik untuk si kecil, ada beberapa hal juga yang harus Bunda perhatikan dalam memilih keju untuk anak.

  • Pilihlah keju full-flat atau penuh lemak untuk mendorong perkembangan otak anak, Bun. 
  • Pilihlah keju yang telah dipasteurisasi. Keju yang telah dipasteurisasi berguna untuk mencegah keracunan makanan karena sistem imun anak berusia di bawah 5 tahun belum berkembang sempurna.

Baca Juga: Mengenal Pemberian MPASI Baby Led Weaning ala Selebritis

Apabila Bunda baru pertama kali memberikan keju kepada si kecil sebaiknya awasi gejala-gejala intoleransi laktosa yang mungkin timbul ya, Bun. Misalnya diare, mual, muntah, perut kembung, gatal-gatal, mengi, dan bengkak pada bibir, lidah, atau tenggorokan. Apabila hal ini terjadi segeralah bawa si kecil ke dokter dan sebaiknya berkonsultasi kepada dokter apakah si kecil boleh atau tidak mengonsumsi keju jenis tertentu!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi