There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Ide MPASI Praktis dan Awet yang Dapat Dibawa untuk Bekal Perjalanan

author
Ruth Sinambela
Rabu, 6 April 2022 | 14:56 WIB
Pisang Sangat Cocok untuk Dibawa Saat Melakukan Perjalanan Darat Sebagai Bekal Si Kecil | Shutterstock

Saat Bunda kepengin liburan, road trip, atau mudik, namun harus membawa si kecil yang masih MPASI, tentu Bunda juga harus mempersiapkan peralatan dan bahan-bahan makanan yang harus dibawa untuk menyiapkan MPASI si kecil ya, Bun.

Tak perlu khawatir, Bun. Cobain deh, ide MPASI untuk dibawa di perjalanan berikut ini, agar perjalanan Bunda dan keluarga dapat tetap berjalan dan no ribet-ribet club!

Baca Juga: Ini Dia Persyaratan Perjalanan Domestik Terbaru untuk Persiapan Mudik Lebaran, Bun!

Pure beku

Bunda dapat membuat pure di rumah, kemudian dibekukan dan dipindahkan ke dalam cooler bag, untuk dibawa di perjalanan. Pure beku sebaiknya dimakan di urutan pertama sampai habis ya, Bun.

Perhitungkanlah berapa jam cooler bag Bunda dapat menahan dinginnya pure yang dibekukan, sehingga Bunda dapat menyiapkan pure sesuai kebutuhan MPASI si kecil di perjalanan.

Pure yang dibekukan mudah dibawa untuk perjalanan darat | SHUTTERSTOCK

Buah-buahan potong untuk cemilan atau sebagai finger food

Buah seperti pisang, jeruk, apel, dan pir, sangat cocok dibawa bepergian karena tidak terlalu banyak mengandung air, sehingga tidak mudah busuk atau benyek, Bun.

Jangan lupa membawa alat makan, parutan keju, dan pisau, untuk mengupas dan  memotong buah. Namun, sebaiknya potonglah buah-buahan di rest area agar aman ya, Bun.

Kentang dan ubi kukus

Bunda dapat mengukus kentang dan ubi bersama kulitnya, setelah dicuci bersih, ya. Nantinya, Bunda tinggal mengupas kulit kentang dan ubi saat akan memberikannya untuk si kecil di perjalanan. Mudah, bukan?

Baca Juga: Perjalanan Jauh Bermobil Bersama Si Kecil, Ini Tipsnya

Buah potong dapat disiapkan sendiri dari rumah atau dibeli di perjalanan | Shutterstock

Bubur bayi instan

Tak perlu takut memberikan bubur bayi instan pada si kecil, Bun. Tentu karena World Health Organization (WHO) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah memberikan rekomendasi bahwa bubur bayi instan boleh dan aman untuk dijadikan alternatif MPASI bayi.

Hanya perlu mangkuk dan air hangat, Bunda sudah selesai menyiapkan menu MPASI untuk si kecil di perjalanan.

Puding, biskuit bayi, keju

Bunda dapat membuat sendiri, atau membelinya. Yang penting si kecil doyan dan memang sudah terbiasa mengonsumsinya, agar mudah menyuapinya di perjalanan nanti, Bun.

Ubi kukus yang tidak dikupas cocok untuk menjadi bekal perjalanan darat | Shutterstock

Wortel, labu, brokoli kukus

Seperti buah-buahan potong, sayuran kukus sangat cocok untuk dimakan sebagai finger food, Bun. Simpanlah di wadah kedap udara agar sayuran bisa tetap segar lebih lama.

Telur puyuh atau telur ayam rebus

Anak-anak biasanya sangat menyukainya. Suapilah si kecil dan jangan biarkan makan sendiri, kalau Bunda tak ingin remahannya berhamburan kemana-mana, ya!

Baca Juga: 5 Beauty Items Wajib Pakai di Perjalanan Mudik

Susah-susah gampang memang memilih MPASI yang akan dibawa untuk perjalanan darat, khususnya untuk perjalanan yang agak lama. Namun kembali lagi dengan kebutuhan dan kenyamanan Bunda saja. Sekarang ini juga sudah banyak kok, tempat atau toko makanan yang menjual MPASI matang, hanya saja tentu perlu waktu untuk mencarinya. Kalau begitu, silahkan mulai diatur menu MPASI si kecil jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan ya, Bunda.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela