What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Perjalanan Jauh Bermobil Bersama Si Kecil, Ini Tipsnya

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 4 Juni 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Mengajak anak bepergian jarak jauh menggunakan mobil tentu butuh persiapan tersendiri. Salah satunya saat mudik Lebaran. Selain memastikan kondisi mobil siap dipakai untuk perjalanan jauh, fisik dan mental anak juga harus disiapkan. Apa saja yang harus disiapkan?

1. Rencanakan perjalanan

Yang paling penting adalah merencanakan waktu perjalanan seperti kapan berangkat, rute perjalanan (apakah mau lewat jalan tol atau jalan arteri), dan juga rencana balik. Jangan lupa rencanakan dimana akan berhenti untuk beristirahat. Cek peta untuk memastikan rute perjalanan yang akan dipilih.

2. Pastikan kondisi mobil bagus

Agar perjalanan, saat mudik atau balik misalnya, berjalan lancar dan menyenangkan, pastikan mobil dalam kondisi bagus. Lakukan general check up beberapa hari sebelumnya sehingga mudik dan balik berjalan lancar. Beberapa hal yang penting bagi anak misalnya AC mobil harus dingin supaya anak tidak kegerahan, jok maupun fitur keamanan (misalnya child lock dan child car seat), berfungsi bagus, dan lainnya.

Baca juga: Bunda, Ini 3 Makna Lebaran yang Harus Ditanamkan Pada Anak

3. Siapkan hiburan

Selain memastikan kondisi mobil, siapkan juga perangkat hiburan untuk menemani anak selama perjalanan. Misalnya TV atau DVD berfungsi bagus, buku-buku bacaan, mainan kesayangan anak, aplikasi permainan di gadget (iPAD, smartphone), dan sebagainya.

4. Anak dalam kondisi sehat

Mudik menuju kampung halaman maupun perjalanan balik ke rumah biasanya memakan waktu lama, lebih dari 3 jam. Karena itu, pastikan anak dalam kondisi sehat. Tak ada salahnya kontrol ke dokter sebelum berangkat. Siapkan juga obat-obatan seperti obat penurun demam, obat batuk-pilek, obat dan plester untuk luka dan lainnya.

Baca juga: 5 Tips Sukses Bikin Open House Lebaran

5. Siapkan bekal

Siapkan makanan dan minuman untuk bekal selama perjalanan, apalagi jika diperkirakan sulit menemukan rest area atau minimarket sepanjang perjalanan. Hindari makanan atau cemilan yang pedas atau yang berbumbu tajam. Lebih baik perbanyak buah, jus, dan biskuit.

6. Buat aktivitas menyenangkan

Perjalanan panjang bisa membuat anak merasa bosan. Meski perangkat hiburan sudah disiapkan, orangtua sebaiknya juga mengajak anak untuk melakukan aktivitas menyenangkan selama di perjalanan. Misalnya bermain tebak-tebakan, mengenal tempat-tempat yang dilewati, dan sebagainya.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro