You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Rekomendasi Kegiatan “No-Screen” Sepulang Sekolah untuk Anak

author
Ruth Sinambela
Senin, 14 November 2022 | 15:00 WIB
Memandikan anabul kesayangan merupakan salah satu kegiatan yang pasti akan disukai si kecil | Shutterstock

Tentu ada harinya ketika si kecil pulang sekolah, PR sudah dikerjakan, dan tidak ada kegiatan maupun les di luar sekolah yang harus dilakukan ya, Bun. Biasanya Bunda pasti ingin sekali si kecil bisa menikmati istirahat siang untuk me-recharge energinya saat ada waktu luang.

Sayangnya, seringkali pada waktu-waktu kosong seperti ini si kecil justru inginnya bersantai sambil menatap layar televisi maupun smartphone-nya, Bun. Di dalam pikiran mereka tidur siang mungkin menjadi sesuatu yang rasanya sia-sia sekali untuk dilakukan.

Meski demikian, Bunda tetap tidak boleh menyerah, ya. Meski waktu sedang kosong, apabila rules di rumah adalah si kecil hanya boleh menyaksikan televisi maupun smartphone pada saat weekend maka tetaplah berpegang pada peraturan itu.

Baca Juga: Anak Usia 3-5 Tahun, Life Skill Apa Saja yang Wajib Dimiliki?

Sebagai penggantinya, cobalah ajak si kecil untuk melakukan kegiatan seru yang bisa dilakukannya untuk mengisi waktu luangnya yang berharga, seperti beberapa contoh kegiatan berikut ini!

Merapikan pakaian

Tidak hanya sekedar merapikan pakaian, Bun. Namun Bunda dapat mengajak si kecil untuk mengeluarkan semua pakaian maupun barang di lemarinya untuk ditata atau diatur ulang kembali. 

Tanyakan pendapat si kecil mengenai bagaimana pengaturan yang ia inginkan, ia pasti akan senang kalau Bunda mengizinkannya untuk mengatur ulang susunan pakaian di lemari pakaiannya sesuai dengan keinginannya sendiri!

Si kecil pasti akan senang kalau Bunda mengizinkannya untuk mengatur ulang susunan pakaian di lemarinya sendiri | Shutterstock

Memandikan anabul kesayangan

Sebagai pencinta hewan, si kecil pasti tak akan menolak ajakan ini. Bukan hanya itu, dengan melakukan kegiatan ini Bunda bisa sekaligus mengajak si kecil mandi sore setelah selesai memandikan anabul kesayangannya.

Membersihkan kulkas

Mengeluarkan semua isi kulkas kemudian menyusunnya kembali juga akan menarik untuk anak-anak, Bunda! Terlebih lagi kalau Bunda menanyakan pendapatnya mengenai bagaimana sebaiknya menyusun isi kulkas, atau apa saja yang sebaiknya disimpan di kulkas dan mungkin mau ia tambahkan di dalam kulkas.

Baca Juga: Bunda, Ini 12 Life Skills yang Wajib Diajarkan Pada Batita

Menyapu dan mengepel lantai

Jangan salah, Bun. Si kecil sangat suka mempelajari hal-hal baru apalagi kalau hal tersebut merupakan pekerjaan sehari-hari yang selalu Bunda lakukan di rumah. Bahkan ia pasti sangat penasaran ingin mencobanya sejak lama, hanya saja Bunda belum mau mempercayakannya pada mereka.

Meski hasilnya tak sebersih yang Bunda harapkan, tetaplah memuji dan berterima kasih dengan tulus, agar mereka merasa dihargai dan kelak selalu siap sedia setiap kali Bunda meminta bantuan mereka.

Meski hasilnya tak sebersih yang Bunda harapkan, tetaplah memuji dan berterima kasih dengan tulus atas kemauan dan usaha yang telah dilakukan si kecil saat membantu Bunda menyapu atau mengepel lantai | Shutterstock

Merapikan lemari buku

Apabila si kecil menyukai membaca pasti Bunda memiliki satu-dua rak buku atau malah lebih, untuk menyimpannya di rumah.

Apabila rak buku berantakan karena seringnya si kecil mengambil dan menaruh buku sembarangan, maka kegiatan ini tepat sekali untuk si kecil, Bun. Bahkan Bunda bisa juga mengajaknya merapikan rak buku sambil bermain, lho. Yaitu dengan menantang si kecil untuk bisa menemukan buku yang terselip atau hilang di sekitaran rumah. Bagi mereka ini seperti berpetualang mencari harta karun!

Dengan melakukan kegiatan-kegiatan ini bukan hanya anak bisa menghabiskan waktu luang secara positif dan bermanfaat pula untuk tumbuh kembangnya. Di sisi lain Bunda juga jadi mendapat bantuan tenaga untuk membereskan atau merapikan rumah.

Baca Juga: Kebiasaan Menunda Pekerjaan, Ini Pengaruhnya bagi Kehidupan Bunda dan Tips Menghilangkannya

Meski demikian jangan sampai Bunda menaruh harapan terlalu tinggi mengenai hasil kerja anak, ya. Lakukanlah kegiatan-kegiatan ini hanya untuk mengalihkan perhatian maupun ketertarikan mereka dari layar kaca atau screen time!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi