Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

5 Rekomendasi Barang yang Wajib Bumil Punya agar Kehamilan Lebih Nyaman

author
Ruth Sinambela
Senin, 5 Desember 2022 | 15:00 WIB
Bantal khusus untuk ibu hamil dirancang untuk memberi kenyamanan bagi Bumil saat tidur | Shutterstock

Tak bisa dipungkiri saat menjalani kehamilan, ibu hamil akan sering merasa tidak nyaman saat melakukan beberapa hal karena terbatasnya ruang gerak atau kemampuan bumil dalam membawa diri sendiri. Membawa calon buah hati di dalam rahim selama kurang lebih 9 bulan rasanya tentu tidak selalu enak dan nyaman ya, Bun. 

Apalagi kalau ada kondisi-kondisi lain yang juga harus diperhatikan, seperti kesehatan Bunda atau calon bayi misalnya. Pre-eklampsia, overweight, dan lain sebagainya, bisa saja membuat para bumil jadi kewalahan dan tidak nyaman dengan tubuhnya sendiri.

Tenang Bun, hal tersebut wajar terjadi, kok. Yang bisa Bunda lakukan adalah menguatkan diri dan hati dengan membayangkan kalau pengorbanan Bunda tersebut akan terbayar lunas ketika waktunya Bunda bisa menatap dan menggendong si kecil di pelukan Bunda saat ia lahir ke dunia.

Baca Juga: Jangan Ragu Rencanakan Babymoon, Ini Manfaatnya untuk Bumil

Namun jangan khawatir, tetap ada cara untuk mempernyaman juga mempermudah masa-masa kehamilan Bunda, kok. Berikut ini rekomendasi barang-barang yang bisa Bunda andalkan agar bisa menikmati fase kehamilan agar terasa lebih nyaman dan ringan untuk dijalani!

Bantal hamil

Tak lain dan tak bukan sangat dibutuhkan oleh Bumil yang mulai mengalami kesulitan tidur. Dengan menggunakan bantal hamil, yang sudah dirancang khusus untuk membantu bumil mendapatkan posisi tidur ternyaman, terutama saat hamil trimester ketiga. Bumil jadi bisa mengurangi rasa sakit di perut dan punggung, tentu bisa juga membantu Bunda untuk memiliki tidur yang lebih berkualitas.

Birthing ball

Birthing ball berfungsi sebagai alat untuk berolahraga dan menjaga kebugaran Bumil | Shutterstock

Dilansir dari Alodokter, birthing ball merupakan bola berbahan dasar lateks yang menyerupai gym ball, tapi ukurannya lebih besar dengan tinggi kira-kira 65 sampai 75 cm, Bun. Birthing ball dirancang agar tidak licin ketika digunakan di lantai, sehingga cukup aman digunakan oleh ibu hamil.

Birthing ball dinilai bermanfaat untuk bumil yang sudah memasuki trimester ketiga hingga menjelang hari perkiraan lahir (HPL). Birthing ball dapat Bunda gunakan untuk berolahraga dan menjaga kebugaran, selain juga membuat Bunda lebih siap menghadapi persalinan dan lebih rileks.

Baca Juga: Manfaat Akupunktur untuk Ibu Hamil, Mengatasi Mual hingga Mengurangi Sakit saat Melahirkan

Maternity belt

Maternity belt membantu Bumil menopang perut yang sudah mulai membesar agar punggung tidak sakit atau nyeri | Shutterstock

Maternity belt sangat baik dan bermanfaat sekali untuk bumil yang sudah mulai merasa kurang nyaman dan sulit beraktivitas karena kondisi perut yang semakin besar dan berat. Maternity belt berfungsi untuk menopang perut Bunda, dan mengurangi rasa nyeri dan sakit punggung, juga menjaga postur tubuh selama masa kehamilan, Bun.

Sandal karet

Sandal karet sangat penting untuk memberi kenyamanan bagi Bumil saat beraktivitas | Shutterstock

Meski kelihatannya tidak terlalu urgent, kenyataannya sandal karet sangat bermanfaat untuk aktivitas Bumil sehari-hari, lho. Menggunakan sandal karet yang empuk dan nyaman terbukti mampu membuat para bumil jadi lebih nyaman saat harus berjalan agak jauh atau sekadar mondar-mandir di rumah, terutama saat kehamilan sudah mulai besar.

Maternity panties

Saat kehamilan Bunda sudah mulai besar wajib sekali untuk mengganti semua underwear, mulai dari panties hingga bra, dengan yang khusus untuk ibu hamil ya, Bun. Dengan demikian Bunda pun akan merasa nyaman saat beraktivitas di dalam maupun di luar rumah. Pilihlah yang berbahan katun dan nyaman digunakan. Jangan asal membeli yang murah tapi malah tidak nyaman dan akhirnya justru jadi tidak terpakai sama sekali.

Baca Juga: Janin di Dalam Perut Bunda Bisa Cegukan, lho! Pertanda Apa?

Dengan memilih barang-barang yang bisa membantu Bunda menjalani aktivitas di masa kehamilan, diharapkan Bunda akan lebih nyaman dan bahagia saat menjalani masa-masa berharga ini. Selain itu, dengan hati yang gembira dan nyaman maka tubuh dan pikiran Bunda pun akan selalu sehat dan siap untuk menghadapi persalinan.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi