A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Manfaat Akupunktur untuk Ibu Hamil, Mengatasi Mual hingga Mengurangi Sakit saat Melahirkan

author
Ruth Sinambela
Kamis, 6 Oktober 2022 | 11:43 WIB
Akupunktur Aman Dilakukan dan Bermanfaat Bagi Ibu Hamil | Shutterstock

Menjalani masa-masa kehamilan tentu menjadi suatu hal yang menyenangkan bagi para calon Bunda. Meskipun harus diakui rasa lelah, bosan, hingga rasa sakit di sekujur tubuh menjadi hal yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Meski demikian Bunda tak perlu khawatir karena apa yang Bunda rasakan merupakan hal yang sangat normal dan alamiah. Serta dirasakan pula oleh hampir semua Bunda yang tengah menjalani kehamilan.

Baca Juga: Mengenal Tokophobia, Ketakutan Ekstrem pada Hamil dan Melahirkan

Kemudian bagaimana Bunda yang tengah hamil sebaiknya memilih pengobatan atau terapi yang aman untuk mengatasi beberapa masalah tersebut? Untuk itu tentu Bunda harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan Bunda, ya. Terutama kalau Bunda ingin mencoba terapi atau perawatan yang tidak memerlukan obat-obatan, seperti pengobatan menggunakan metode akupunktur!

Akupunktur untuk kesehatan bumil

Kalau Bunda termasuk orang yang kurang menyukai obat-obatan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang sering dialami para ibu hamil seperti mual, muntah, kram, dan sakit kepala, Bunda bisa coba terapi atau pengobatan dengan akupunktur, nih! 

Sudah banyak diakui manfaatnya oleh berbagai ahli kesehatan dan lewat berbagai penelitian, akupunktur boleh banget lho, Bunda coba untuk mengatasi beberapa masalah yang mungkin Bunda alami saat hamil. 

Apa saja sih, manfaat akupunktur bagi kesehatan Bumil? Yuk simak pembahasan selengkapnya, di sini!

Pilihlah dokter spesialis akupunktur yang telah berpengalaman dan terpercaya | Shutterstock

Mengatasi mual dan muntah

Bunda yang seringkali bermasalah dengan rasa mual dan muntah meskipun telah memasuki usia kehamilan 3 bulan, dapat mencoba terapi menggunakan akupunktur untuk meredakan bahkan menyembuhkannya.

Terbukti dapat meringankan rasa mual dan muntah, akupunktur aman untuk dilakukan oleh ibu hamil yang usia kehamilannya sudah 3 bulan. Namun juga perlu diingat apabila kondisi mual dan muntah yang Bunda alami masih terus-menerus terjadi hingga memasuki trimester kedua dan tidak membaik, segeralah hubungi dokter kandungan Bunda untuk mendapatkan pemeriksaan dan diagnosa yang tepat.

Otot sekitar panggul menjadi rileks

Bukan hal yang asing apabila rasa sakit dan nyeri di sekitar panggung pasti dirasakan oleh para Bumil terutama yang telah memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Bagaimana tidak, ukuran perut yang semakin membesar tentu mempengaruhi kinerja otot-otot di sekitar panggul dan membuatnya menjadi mudah sakit dan nyeri.

Namun tidak hanya itu, nyeri panggul apabila tidak diatasi dengan baik juga bisa menyebabkan sakit punggung, lho. Untuk itu biasanya dokter akan menyarankan penggunaan ikat pinggang khusus kehamilan atau melakukan senam hamil secara rutin. Bunda juga bisa lho, mengatasi rasa nyeri di panggul dan punggung dengan melakukan terapi akupunktur!

Baca Juga: Janin di Dalam Perut Bunda Bisa Cegukan, lho! Pertanda Apa?

Mengurangi gejala depresi pada ibu hamil

Normal kok Bun, kalau sesekali Bumil merasa bosan hingga rasanya masa kehamilan menjadi waktu yang sangat panjang bahkan melelahkan. Sehingga tak jarang para Bumil juga mengalami stress hingga depresi karenanya.

Untuk itulah dukungan atau support system dari orang-orang terdekat untuk membantu Bunda agar bisa mengembalikan pikiran positif dan rasa bahagia menjelang persalinan memang sangat dibutuhkan.

Di samping juga tetap mendapatkan perawatan seperti menjalani terapi akupunktur secara rutin atau menjalani sesi konsultasi dengan psikolog apabila diperlukan, menjadi hal yang wajib dilakukan mengingat depresi yang disebabkan oleh kehamilan merupakan hal yang tidak boleh dianggap enteng.

Akupunktur dapat mengobati sakit kepala, mual, hingga nyeri pada ibu hamil | Shutterstock

Membantu meringankan rasa sakit saat melahirkan

Baik melahirkan normal atau operasi caesar, melakukan akupunktur secara teratur terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan saat proses melahirkan secara normal, maupun pasca operasi caesar lho, Bun!

Melansir dari Hennepin Healthcare, mendapatkan akupunktur secara rutin saat hamil terbukti mampu membuat tubuh lebih siap untuk menjalani proses persalinan termasuk menahan rasa sakitnya.

Wah, banyak juga ya, Bun manfaat yang bisa didapat ibu hamil dengan melakukan akupunktur secara teratur. Apalagi, risiko atau efek negatif dari akupunktur jauh lebih kecil daripada mengonsumsi obat-obatan.

Baca Juga: Bukan Hanya Mual Muntah, Morning Sickness Ternyata juga Membawa Manfaat

Apabila Bunda tertarik untuk melakukannya, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan Bunda, ya. Mintalah juga rekomendasi dokter spesialis akupunktur yang terpercaya, handal, dan berpengalaman. Juga tak kalah penting, siapkanlah terlebih dahulu dana yang cukup karena terapi akupunktur merupakan salah satu terapi kesehatan dengan biaya yang cukup mahal, Bun. Selamat mencoba!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi