You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

8 Rekomendasi Deodorant yang Aman untuk Anak dan Remaja

author
Ruth Sinambela
Rabu, 7 Desember 2022 | 15:00 WIB
Deodorant yang aman untuk anak | Shutterstock

Perubahan hormon yang terjadi pada anak saat memasuki masa pubertas biasanya akan mulai terlihat saat usia 8-13 tahun pada anak perempuan, atau usia 9-14 tahun pada anak laki-laki, Bun. 

Salah satu perubahan yang akan sedikit mengganggu adalah aroma tubuh atau bau badan si kecil. Meski tak semua anak akan mengalaminya, perubahan bau badan memang sangat penting untuk disadari agar Bunda dapat memberi pengertian dan mengajarkan si kecil bagaimana merawat tubuhnya agar bau badan dapat diatasi.

Baca Juga: Pakai Deodorant Tetap Bau Badan? Mungkin Kamu Melakukan 4 Kesalahan Ini

Pentingnya mengatasi bau badan anak

Bau badan tak dapat dipungkiri sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari anak, khususnya dalam pergaulan. Bau badan yang tidak sedap mungkin belum terlalu menjadi masalah saat anak masih di usia SD, namun bagaimana nantinya ketika mereka memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi? Apabila tidak diatasi bau badan bisa menjadi masalah. Karena itulah penting untuk Bunda dan Ayah mulai mengajarkan anak bagaimana mengatasi bau badannya sedini mungkin.

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi bau badan pada anak yaitu dengan menggunakan deodorant. Namun Bunda juga harus hati-hati dalam memilihkan deodoran bagi anak. Pilihlah deodorant yang kandungannya aman dan telah teruji klinis. Deodorant tanpa kandungan alkohol, pewangi, pewarna, aluminium, minyak mineral, juga paraben, merupakan deodorant yang idealnya aman untuk anak, Bun. Berikut ini beberapa merek deodorant yang direkomendasikan untuk usia anak.

Deodorant khusus anak aman digunakan untuk mengurangi bau badan si kecil, Bun | Shutterstock

Good Virtues Co. Lightening & Anti-Perspirant Underarm Deodorant Roll-On 

Selain mengeluarkan berbagai jenis skincare untuk dewasa, Good Virtues Co juga memiliki produk deodorant yang diklaim aman untuk anak-anak karena menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak habbatus sauda organik dan pink salt. Tak hanya itu, Good Virtues Co juga tidak menggunakan tambahan minyak mineral, parabens, dan pewarna sintetis.

Sebamed Fresh Deodorant Active

Banyak direkomendasikan oleh para ahli, Sebamed memang selalu mengeluarkan produk yang aman dan menggunakan bahan-bahan terbaik yang dikhususkan untuk kulit sensitif. Selain itu Sebamed juga tidak mengandung aluminium salts, alkohol, pewarna, minyak mineral dan silikon, sehingga sangat cocok untuk digunakan oleh anak-anak. 

Baca Juga: 7 Makanan Ini Ternyata Picu Bau Badan

Tom’s of Maine Wicked Cool

Tom’s of Maine Wicked Cool |

Tanpa pewangi dan pewarna buatan, juga tidak mengandung aluminium. Tom’s of Maine Wicked Cool sangat cocok untuk anak usia SD hingga remaja. Deodorant ini pun sangat ampuh mengurangi bau badan yang tidak sedap hingga 24 jam setelah pemakaiannya lho, Bun!

Rexona

Seperti Bunda ketahui, Rexona memiliki berbagai jenis deodorant yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Selain untuk dewasa, Rexona juga memiliki varian deodorant yang dibuat khusus untuk remaja. Seperti Rexona dreamy white, dan Rexona dreamy bright. Keduanya diklaim tidak mengandung alkohol, juga mengandung bahan-bahan alami serta multivitamin. Selain itu, harganya yang terjangkau membuat merek Rexona sangat populer di masyarakat.

Alnaatur Natural Deodorant Spray

Diklaim aman digunakan untuk usia 4 tahun ke atas, Alnaatur Natural Deodorant Spray memiliki 4 varian aroma, yaitu Baby Bear, Baby Pink, Baby Blue, dan Baby Gum. Selain untuk lipatan ketiak, deodorant ini juga dapat digunakan untuk kaki dan lipatan tubuh lainnya.

Dayou for Kids

Dayou for Kids |

Deodorant yang khusus ditujukan untuk anak usia 5 tahun ke atas ini berbentuk krim menyerupai balm, Bun. Produk deodorant ini pun diklaim aman untuk anak karena menggunakan bahan-bahan alami. Tanpa pewarna, pewangi, alkohol, juga paraben.

Deo Kids

Terbuat dari tawas murni dan air, Deo Kids juga tidak menggunakan alkohol sehingga aman untuk anak. Meski demikian sebelum menggunakannya di ketiak, cobalah untuk menyemprotkannya di kulit lengan bagian dalam si kecil untuk melihat reaksi kulitnya ya, Bunda.

Natural Fresh Deo Kids

Lulus uji BPOM, deodorant ini diklaim aman untuk digunakan anak berusia 7-12 tahun. 

Baca Juga: Ih, Si Kecil Bau Badan... Ini Cara Mengatasinya

Dan masih banyak lagi merek deodorant khusus anak yang sekarang ini dijual bebas, Bun. Apabila si kecil memang membutuhkannya, boleh-boleh saja Bunda mulai mengajarkan mereka untuk menggunakannya. Namun ingat, pilihlah deodorant dengan kualitas terbaik dan sudah pasti aman tanpa bahan-bahan berbahaya seperti alkohol, pewangi, pewarna, paraben, aluminium, dan lain sebagainya. 

Selain itu, apabila si kecil menunjukkan tanda-tanda ketidakcocokan setelah menggunakan deodorant merek tertentu, segera hentikan penggunaannya ya, Bun. Apabila diperlukan Bunda juga bisa berkonsultasi pada dokter dalam memilih deodorant untuk buah hati Bunda dan Ayah agar lebih terjamin keamanannya.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi