Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Yuk, Ajarkan Life Skills ala Montessori pada Si Kecil di Rumah!

author
Ruth Sinambela
Senin, 16 Januari 2023 | 10:20 WIB
Menjemur pakaian, menjepit pakaian pada jemuran, merupakan salah satu life skills yang juga memiliki nilai montessori, Bun | Shutterstock

Tahukah Bunda kalau pendekatan montessori sebagai gaya asuh atau gaya didik anak tidak hanya bisa didapat dari sekolah, namun juga bisa diterapkan di rumah dengan cara-cara sederhana yang bahkan mungkin saja sudah Bunda lakukan, lho!

Montessori merupakan metode pendidikan yang berbeda dengan sistem pendidikan reguler pada umumnya. Metode ini kian populer karena dipercaya dapat mengembangkan potensi anak dengan cara mengeksplorasi berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan minat dan bakat anak.

Baca Juga: Mengenal Metode Pembelajaran Montessori dan Empat Prinsip Utamanya

Montessori juga membebaskan anak untuk bereksplorasi dan belajar dari situ, Bun. Dengan begitulah anak-anak yang mendapatkan pendidikan montessori akan lebih mandiri dan mudah berkembang. Apabila Bunda ingin mendidik si kecil dengan metode montessori, berikut ini beberapa ide aktivitas yang dapat Bunda ajarkan dan biasakan pada si kecil di rumah.

Mengajarkan anak memasang dna membuka kancing saat memakai seragam atau kemejanya akan meningkatkan kemampuan motorik dan fokus anak | Shutterstock

Menyemir atau mencuci sepatu

Kegiatan menyemir atau mencuci sepatu akan menjadi kegiatan yang menarik bagi anak sekaligus juga mengajarkan anak bagaimana berkontribusi positif untuk orang-orang di sekitarnya, Bun. Selain itu dengan melakukan aktivitas ini, anak juga akan memiliki nilai-nilai seperti mencintai dan menjaga kebersihan.

Menjemur pakaian

Saat akan menjemur pakaian, tak ada salahnya apabila Bunda mengajak si kecil untuk membantu. Mulai dengan memintanya menjemur pakaian-pakaiannya sendiri, Bun. Ajarkan pula ia untuk menjepit pakaian agar tidak jatuh atau terbang dari jemuran. Aktivitas ini akan melatih kemampuan motorik, sekaligus juga menanamkan rasa memiliki dan tanggung jawab.

Baca Juga: Mengajarkan Life Skills pada Anak dengan Autisme

Memakai baju sendiri

Ajarkan pada si kecil bagaimana membuka dan memasang kancing, kemudian biarkan ia mulai membuka dan mengenakan pakaiannya sendiri, Bun. Dengan demikian anak akan merasa diberi kepercayaan juga sedikit demi sedikit akan tumbuh keinginan untuk bisa melakukan dan menyelesaikannya sendiri tanpa bantuan Bunda.

Ajak si kecil membantu saat Bunda masak, yuk! | Shutterstock

Memasak

Meski belum boleh menggunakan kompor sendirian, bukan berarti Bunda tidak boleh mengajarkan anak bagaimana menggunakannya, Bun. Boleh kok, asalkan tetap didampingi. Kemudian Bunda juga bisa mengajarkan si kecil bagaimana menggunakan pisau yang aman. 

Apabila Bunda merasa si kecil sudah mulai bisa mengontrolnya, izinkan ia membantu untuk memotong sayuran dari yang mudah dahulu. Dengan demikian anak akan berproses, mengenali kemampuan dan minatnya, hingga mendorong tumbuh kembangnya.

Baca Juga: Bunda, Ini 12 Life Skills yang Wajib Diajarkan Pada Batita

Selain beberapa kegiatan yang sudah disebutkan di atas, menyapu, mencuci piring, atau menyiram tanaman, juga merupakan aktivitas sehari-hari yang bisa mengembangkan life skills atau keterampilan hidup yang tentunya akan menjadi bekal bagi si kecil kelak, Bun. 

Selain itu aktivitas sehari-hari ini juga akan memberikan manfaat untuk tumbuh kembang anak, seperti meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan, menumbuhkan keberanian dan kepercayaan diri, membentuk kemandirian anak, juga mengajarkan anak tentang proses serta sebab-akibat. Disamping berbagai nilai-nilai kebaikan yang tentu juga akan didapatnya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi