To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

6 Tips Melatih Keterampilan Sosial Anak

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 26 Desember 2018 | 18:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Selain keterampilan atau kompetensi individu seperti fisik dan kognitif, anak juga diharapkan memiliki keterampilan sosial seperti mampu beradaptasi dengan lingkungan. Perkembangan kompetensi sosial pada masa tumbuh kembang ini penting agar anak bisa menghadapi berbagai persoalan saat dewasa kelak.

 

Baca juga: Si Kecil Hobi Memaki, Atasi Dengan 5 Cara Ini

 

Nah, apa saja yang harus dilakukan orang tua agar anak memiliki kompetensi atau keterampilan sosial, berikut 6 tipsnya:

1. Ajarkan anak cara bergaul yang tepat, beri contoh. Anak akan melihat contoh yang diberikan orang tua dan kemudian belajar menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya berbicara baik dan bersikap sopan pada orang lain.

2. Bunda bisa membantu dan mendorong kemampuan bergaul anak. Misalnya, menghilangkan sifat pemalu anak dengan mengajaknya berbaur di tempat bermain umum atau mengundang teman-teman si Kecil bermain ke rumah.

| SHUTTERSTOCK

3. Jika anak sering berlaku agresif terhadap temannya, Bunda sebaiknya mengajak anak berbicara dengan bahasa yang mudah ia mengerti tentang apa dampak dari perilaku agresifnya bagi teman atau anak-anak lainnya.

4. Beri anak contoh respons positif setiap kali menghadapi sesuatu masalah. Misalnya, jika anak tengah bermain dan ada temannya yang mau menang sendiri, ajarkan anak tentang pentingnya berbagi.

| SHUTTERSTOCK

5. Ajarkan anak untuk mulai menetapkan prioritas, mengatur waktu untuk kegiatan sehari-harinya, serta membangun relasi nyata dengan orang lain.

6. Dalam hal pemakaian gadget, Bunda sebaiknya membuat aturan tentang penggunaan gadget, khususnya bagi anak yang usianya cukup besar. Ajarkan anak untuk disiplin dalam pemakaian gadget. Juga, ajarkan untuk memakai gadget secara sehat.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro