Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

6 Kesalahan Blogger Baru

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 25 Desember 2018 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Blogging sudah menjadi lahan baru untuk mencari uang secara online. Kompetisi di dunia blogging pun makin ketat. Oleh karenanya, para blogger, khususnya blogger baru, harus mampu menampilkan konten blog yang menarik dan berbeda dengan blog lainnya. Ada banyak hal yang memengaruhi apakah blog bisa menarik perhatian atau tidak. Berikut ini 6 kesalahan yang dilakukan blogger baru, seperti dikutip dari jeffbullas.com.

1.Tidak punya tujuan spesifik

Tujuan atau target sangat penting ketika kita membangun sebuah proyek, termasuk membuat blog. Bukan cuma target, ya, melainkan target yang spesifik, seperti layaknya kita membangun sebuah bisnis. Banyak blogger baru yang tidak bisa menentukan target sehingga gagal mendapat atensi dari audiens. Tanpa roadmap, bagaimana mungkin kita bisa mencapai tujuan, bukan? Jadi, tentukan target jangka panjang, tujuan jangka pendek, tentukan timeline dan deadline, lalu ikuti rencana tersebut.

2.Tidak tahu target pasar

Memahami siapa target pasar yang dituju sangat penting untuk membangun blog. Blog adalah tempat dimana segmen yang dibidik tengah mencari solusi bagi masalah mereka. Relevansi adalah kunci yang hanya bisa diperoleh dengan rencana matang. Dengan begitu, orang-orang akan tertarik mengintip dan menerima tawaran blog kamu.

 

Baca juga: 5 Gaya Milenial Yang Harus Diketahui Para Pebisnis

 

3.Kurang pengetahuan dan skill

Tak ada pil ajaib yang bisa menyulap blog langsung sukses dalam semalam. Dibutuhkan pengetahuan dan skill untuk bisa membuat blog jadi menarik dan mampu mengundang orang untuk datang. Jadi, jangan segan untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana membuat blog yang baik, entah ewat buku, seminar, maupun ngobrol dengan blogger yang sudah sukses.

4.Konten kurang “nendang”

Anda tak bisa menarik orang selama informasi yang Anda bagikan biasa-biasa saja. Umumnya, orang mencari blog yang orisinal dan tidak cuma mengikuti tren. Jika kamu menampilkan blog yang memiliki passion dan komitmen yang orisinal, orang pun akan datang dengan sendirinya.

| SHUTTERSTOCK

5.Tak punya marketing plan yang jelas

Apa rencana kamu agar blog ramai dikunjungi? Banyak blogger yang membuat blog tanpa rencana. Menjadi berbeda dari orang lain memang tak mudah, tapi itulah yang harus dilakukan agar blog dikenal dan dikunjungi orang. Dan untuk itu, dibutuhkan strategi marketing yang efektif, misalnya optimalisasi konten lewat SEO, membangun pasar di media sosial, memakai influencer, dan lainnya.

6.Tidak nge-blend dengan audiens

Bagaimana membuat blog jadi populer? Beri respons dan apresisasi kepada audiens, tunjukkan juga sisi-sisi pribadi kamu. Kesalahan terbesar blogger adalah mengabaikan audiens, follower, dan pelanggan saat mereka mencoba berinteraksi. Misalnya, tak pernah membalas komen negatif, bahkan memblok si pemberi komen. Padahal, semakin blogger tidak berminat menanggapi audiens, mereka akan makin enggan menengok blog.

 

 

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro