There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Si Kecil Hobi Memaki, Atasi Dengan 5 Cara Ini

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 13 Desember 2018 | 18:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Sering, kan, kita dengar anak kecil yang hobi memaki dengan kata-kata kasar atau jorok. Nah, agar buah hati Bunda tidak menjadi anak yang suka memaki, yuk ikuti 5 tips berikut.

1.Buat aturan di rumah tentang penggunaan kata-kata kasar atau makian. Jadi, ketika anak keceplosan memakai kata-kata tadi, Bunda bisa segera mengingatkannya soal aturan tersebut. “Eit, dilarang memaki, lo, di rumah..”

2.Jelaskan pada anak bahwa beberapa kata tidak bisa diucapkan sembarangan karena bisa mengganggu orang lain. Katakan bahwa aturan di masing-masing tempat berbeda-beda dan kita harus mengerti.

 

Baca juga:  Anak Mogok Sekolah, Atasi Dengan 5 Tips Berikut

 

3.Jika susah menghentikan anak mengucapkan kata-kata makian, coba cari kata atau kalimat lain yang lebih sopan atau bisa diterima. Orang tua sebaiknya memberi contoh pemakaian kata-kata saat kecewa atau marah. Misalnya, “Saya merasa kecewa dan marah karena kejadian tadi.” Ini akan membuat anak lama-lama akan meniru memakai kata atau kalimat yang lebih baik.

| SHUTTERSTOCK

4.Awasi, apa saja program TV yang ditonton anak, situs yang ia kunjungi, atau dengan siapa ia bermain. Kosa kata anak seringkali diperoleh dari program TV, internet, atau pergaulan sehari-hari. Artinya, Bunda harus lebih ketat menyeleksi program TV atau situs yang kerap ia kunjungi. Akan lebih baik jika TV atau komputer/gadget diletakkan di ruang yang terbuka dan bisa terpantau.

5.Beri anak pujian jika ia bisa mengurangi pemakaian kata-kata makian atau kasar. Atau jika anak mulai mengurangi bergaul dengan temannya yang suka memaki.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro