To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Asupan Sehat Bagi Si Kecil, Ini 4 Kelompok Makanannya

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 12 Desember 2018 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Apa saja makanan sehat yang sebaiknya diberikan kepada bayi dan anak balita? Berikut 4 kelompok makanannya, antara lain sayuran, buah-buahan, serat, olahan susu, dan protein. Setiap kelompok makanan ini memiliki nutrisi yang sangat diperlukan bagi tumbuh kembang si Kecil.

1.Sayur dan buah

Kedua jenis makanan ini memberikan anak energi, vitamin, antioksidan, serat, dan air yang diperlukan untuk melindungi tubuh anak dari berbagai penyakit. Bunda sebaiknya menyiapkan buah dan sayuran setiap waktu makan maupun untuk cemilan. Pilih buah dan sayur segar yang memiliki berbagai warna, teksur, dan rasa.

2.Biji-bijian

Yang termasuk kelompok ini antara lain sereal, gandum, beras, jagung, dan sebagainya. Makanan ini akan memberikan anak energi untuk tumbuh, berkembang. Biji-bijian dengan kadar indeks glikemik rendah seperti pasta dan roti (gandum) sangat baik karena selain memberikan anak energi, juga membuat anak kenyang lebih lama.

| SHUTTERSTOCK

Baca juga: Pentingnya Komunikasi Nonverbal, Ini 5 Tipsnya

 

3.Produk olahan susu

Susu, keju dan yoghurt memiliki kandungan protein dan kalsium yang membantu membangun tulang dan gigi yang kuat. Anak di usia ini sedang dalam masa pertumbuhan yang sangat cepat sehingga butuh tulang yang kuat.

4.Protein

Protein sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otot. Makanan yang mengandung banyak protein antara lain daging, ikan, telor ayam, kacang-kacangan, tahu, tempe, dan lainnya. Makanan ini juga mengandung vitamin dan mineral berguna lain seperti zat besi, seng, vitamin B12, serta asam lemak Omega-3.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro