You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Rayakan HUT ke-57, PERDOSKI Berkomitmen untuk Terus Berkontribusi bagi Negeri

author
Ruth Sinambela
Selasa, 31 Januari 2023 | 15:00 WIB
Ketua Umum Perdoski, Dr.dr. M. Yulianto Listiawan, Sp.KK(K), FINSD, FAADV dalam acara puncak perayaan HUT Perdoski ke-57 | PERDOSKI

Memperingati hari jadinya yang ke-57, Perdoski (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) telah menyelesaikan serangkaian acara yang dimulai serentak di 29 wilayah Perdoski cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, Bun!

Rangkaian acara tersebut telah dimulai sejak tanggal 10 Januari 2023, yang juga merupakan hari didirikannya Perdoski pada tahun 1966. Dimana rangkaian acaranya, mulai dari pembukaan seremonial secara virtual yang telah sukses terselenggara, agenda funwalk, edukasi, dan bakti sosial di wilayah Perdoski cabang pada tanggal 15 Januari 2023. Hingga memasuki puncak perayaan pada Minggu (29/1/2023) kemarin.

Baca Juga: Vaskulitis, Penyakit Autoimun yang Menyebabkan Ashton Kutcher Sempat Tidak Bisa Melihat dan Mendengar

Tema besar peringatan HUT Perdoski ke-57

Mengangkat tema “Bersama Bangkit Bersatu Membangun Negeri Demi Wujudkan Indonesia Sehat”, Perdoski melalui Ketua Umum, Dr.dr. M. Yulianto Listiawan, Sp.KK(K), FINSD, FAADV mengungkapkan bahwa menginjak usia ke-57 tahun, Perdoski berkomitmen untuk terus konsisten dalam kontribusinya bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

“Dua hingga tiga tahun belakangan karena diterpa pandemi maka segala lini terpaksa menahan diri, membatasi aktivitas dan lain-lain. Maka dari peringatan HUT ini Perdoski secara umum berupaya mendukung Indonesia agar cepat pulih, cepat bangkit dan program yang sudah ada baik internal dan eksternal terus dioptimalkan.” Ungkap Dr.dr. M. Yulianto Listiawan, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV dalam keterangannya.

Perdoski merayakan ulang tahunnya yang ke-57 serentak di seluruh Indonesia | PERDOSKI

Hal ini sejalan dengan berbagai aktivitas yang sudah dilakukan oleh Perdoski khususnya dalam memeriahkan HUT Perdoski ke-57 tahun ini. Salah satunya yaitu dengan terus membagikan semangat untuk bangkit setelah Pandemi Covid 19, kepada seluruh lapisan masyarakat demi mewujudkan Indonesia Sehat, khususnya dengan berusaha terlibat di tengah masyarakat dalam berbagai aktivitas nyata. 

Seperti yang telah dilaksanakan sebagai salah satu agenda perayaan HUT Perdoski pada tanggal  tanggal 25 Januari 2023 yang lalu, yaitu Bakti Sosial PERDOSKI Peduli Gempa Cianjur di Desa Cirumput dan Sarampad Kec. Cugenang Kab. Cianjur.

Baca Juga: Masalah Kulit yang Sering Dialami Anak dan Cara Mengatasinya

Funwalk, edukasi kesehatan, dan bakti sosial berjalan sukses

Tak hanya Bakti Sosial PERDOSKI Peduli di Cianjur. Namun aktivitas funwalk dan edukasi kesehatan di berbagai wilayah Perdoski lainnya pun telah berlangsung dengan sukses. Beberapa kota bahkan melaksanakannya berbarengan dengan kegiatan Car Free Day sehingga efektif sekali dalam mengedukasi masyarakat yang hadir. 

Salah satunya seperti yang telah dilaksanakan oleh Perdoski wilayah cabang Makassar, yaitu dengan memberikan edukasi gratis cara pencegahan penyakit menular seksual dan HIV/AIDS, serta memberikan pemeriksaan gratis untuk deteksi dini kanker kulit bagi warga Makassar dan sekitarnya.

 

Ketua Umum bersama Ketua Bidang 3 Perdoski dalam Puncak Perayaan HUT Perdoski ke-57 | PERDOSKI

Puncak acara HUT Perdoski ke-57

Puncak perayaan HUT Perdoski sendiri telah berlangsung pada hari Minggu (29/1/2023) kemarin yang acaranya sendiri masih dilaksanakan secara virtual.

Pada kesempatan tersebut diumumkan pula pemenang lomba fotografi, funwalk, juga paduan suara, yang merupakan salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota Perdoski serta seluruh peserta dari seluruh Indonesia.

Selain itu, puncak perayaan juga menjadi momen untuk berbagi semangat edukasi kepada masyarakat, seperti disampaikan oleh Ketua Umum Perdoski, mengenai tata laksana nomenklatur dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Bun.

Baca Juga: Kenali Jenis Alergi Kulit Pada Anak

Dimana dalam kesempatan tersebut Perdoski berharap agar masyarakat semakin memahami bahwa gelar SpKK/SpDV/SpDVE, ketiganya merupakan tiga gelar yang merujuk pada kompetensi yang sama. Dimana Sp.KK merupakan singkatan dari Spesialis Kulit dan Kelamin, sedangkan Sp.DV merupakan singkatan dari Spesialis Dermatologi dan Venereologi.

Sehingga ke depannya seluruh lapisan masyarakat bisa semakin mengenal ketiga gelar tersebut, dan secara alami menciptakan pula kedekatan antara pasien dan dokter-dokter yang tergabung dalam Perdoski, dalam hal mengedepankan kesehatan, agar masyarakat tidak malu maupun enggan mendapatkan diagnosa dan perawatan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, maupun dokter spesialis dermatologi dan venereologi.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi