There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Si Kecil Minta Berenang di Bulan Puasa, Boleh Nggak, ya?

author
Ruth Sinambela
Kamis, 30 Maret 2023 | 15:00 WIB
Berenang saat berpuasa hukumnya Makruh, Bun |

Berenang saat berpuasa di dalam Islam hukumnya Makruh, Bun. Jadi boleh saja dilakukan karena tidak menimbulkan dosa, namun apabila memilih untuk tidak melakukannya akan mendapatkan pahala. Selain itu perlu diperhatikan kalau saat berenang ada risiko air masuk melalui hidung, telinga, atau mulut, yang meskipun tidak disengaja hal tersebut tetap akan membatalkan puasa.

Baca Juga: 7 Manfaat Berenang Bagi Bayi

Bunda wajib menjelaskan perihal hukum berenang saat berpuasa pada si kecil

Penting untuk menjelaskan pada si kecil mengenai hukum berenang saat berpuasa ya, Bunda. Dengan demikian mereka akan belajar untuk memahami dan ikut menimbang keputusannya bersama Bunda dan Ayah. Berikan alasan yang jelas dan bisa dimengerti sesuai usia anak, dengan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami. 

Selain itu mengajak si kecil agar mau menunda atau merencanakan berenang di lain waktu saat ia tidak berpuasa, atau setelah Ramadan usai sebaiknya juga Bunda berikan sebagai pilihan atau alternatif.

Dengan melakukan hal tersebut, Bunda telah mengajak dan mengajarkan anak untuk melatih kesabaran. Selain juga memberikan kesempatan pada anak untuk mempelajari Ramadan lebih dalam. 

Baca Juga: Tips Menanamkan Kecintaan dan Kerinduan Beribadah Puasa di Bulan Ramadhan pada Si Kecil

Apabila Bunda telah melakukannya namun si kecil tetap ingin berenang saat berpuasa, maka keputusan untuk mengizinkannya atau tidak akan kembali pada kepercayaan masing-masing. Meski demikian, pastikan agar Bunda dan si kecil memperhatikan beberapa hal berikut saat memutuskan untuk berenang saat berpuasa, ya!

 

Berenang saat berpuasa harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak membatalkan puasa | Shutterstock

Pastikan tidak ada air yang masuk lewat mulut, hidung, maupun telinga

Saat berenang kemungkinan air masuk lewat mulut, hidung, maupun telinga akan selalu ada. Untuk menghindarinya, Bunda bisa meminta si kecil untuk menggunakan penutup kepala, telinga, maupun hidung apabila diperlukan. 

Batasi waktu berenang agar tidak terlalu lama

Sebelum mulai berenang, pastikan untuk membuat kesepakatan dengan si kecil mengenai berapa lama ia boleh berenang agar tidak terlalu lama ya, Bunda. Selain itu mintalah si kecil agar tidak berenang terlalu cepat, atur napas dan gerakan sebaik mungkin demi mengurangi kemungkinan air masuk.

Baca Juga: Sebelum Bayi Ikut Les Berenang, Perhatikan Ini

Pilih waktu berenang mendekati jam berbuka

Memilih waktu berenang yang mendekati jam berbuka akan sangat baik untuk si kecil, Bun. Setelah lelah berenang si kecil bisa segera berbuka puasa, dan apabila memungkinkan ia juga bisa melanjutkan kembali aktivitas berenangnya.

Semoga berguna, dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan untuk Bunda dan keluarga!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi