When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

7 Tips Memilih Baju Renang yang Nyaman dan Pas di Tubuh

author
Isna Triyono
Rabu, 26 Desember 2018 | 19:30 WIB
SHUTTERSTOCK |

Traveling dan renang, hampir sulit dipisahkan saat kamu liburan akhir tahun. Mau traveling ke mana pun, biasanya kita bisa menemukan kolam renang atau bahkan pantai.

Agar acara berenang saat traveling makin menyenangkan, dibutuhkan baju renang yang pas dan membuat kita makin percaya diri. Apalagi kalau mau difoto dan diunggah ke media sosial.

Berikut ini tips yang bisa kamu praktikkan saat memilih baju renang.

1. Kenali bentuk tubuh

Ini poin utama dan yang paling penting saat ingin memilih baju renang. Kamu tahu, kan bentuk tubuh ada beberapa tipe:

  • buah pir, cirinya bagian pinggul lebih lebar dari bagian dada dan pinggang.
  • apel, cirinya bagian pinggang lebih lebar dari pinggul dan bagian dada.
  • lurus, cirinya ukuran pinggang, pinggul, dan dada hampir sama atau tidak ada lekukan yang signifikan.
  • jam pasir, cirinya lingkar dada dan pinggu sama. Namun lingkar pinggar jauh lebih kecil.

Setelah mengetahu secara pasti tipe tubuhmu, pilih baju renang yang bisa menutupi kekurangan tubuh.

Misalnya tipe tubuh pir cocok memakai baju renang dengan aksen rok di bagian bawah untuk menyamarkan pinggul yang lebar.

Baca juga: 8 Inspirasi Tampil Keren Dengan Denim

2. Tutupi kekurangan tubuh

Masing-masing orang pasti memiliki bagian tubuh yang ingin ditonjolkan dan di lain sisi ada yang bagian tubuh yang dirasa kurang.

Nah, pilihlah baju renang yang bisa menutupi kekurangan tubuh. Misalnya untuk yang bertubuh pendek, jangan memilih baju renang dengan potongan celana pendek karena membuat kamu semakin terlihat pendek.

Atau untuk kamu yang memiliki payudara kecil, bisa memilih baju renang model halter-necks agar payudara terlihat lebih berisi.

Untuk kamu dengan tubuh berisi atau oversize, hindari baju renang yang bercorak atau garis-garis horizontal karena akan semakin membuat tubuhmu semakin besar.

SHUTTERSTOCK |

3. Wajib dicoba

Meski sudah mengetahui tipe bentuk tubuh dan kekurangan yang ingin ditutupi, kamu tetap wajib mencoba baju renang itu sebelum membelinya. Karena yang dilihat, belum tentu cocok dengan look tubuhmu.

4. Tidak terlalu ketat atau terlalu longgar

Idealnya baju renang menempel sempurna di tubuhmu. Namun bukan berarti kamu memilih baju renang satu ukuran di bawah ukuran baju yang kamu pakai. Sebaiknya baju renang tidak terlalu ketat karena akan membatasi gerakmu. Juga jangan memilih baju renang yang terlalu longgar karena akan membuat penampilanmu kurang oke.

Baca juga: Bra Mana yang Cocok?

5. Pilih bahan yang ringan dan elastis

Hampir semua baju renang pasti terbuat dari bahan yang ringan dan elastis. Namun kamu bisa pilih yang terbuat dari bahan nylon dan lycra karena lebih ringan dan elastis.

6. Warna yang sesuai

Sama seperti model, warna juga harus diperhatikan saat memilih baju renang. Untuk kamu yang berkulit pucat, sangat disarankan untuk memilih baju denga warna solid seperti hitam, biru donker, atau merah marun. Sedangkan si pemilik kulit eksotis, pilihlah baju dengan warna terang yang membuat kamu stunning.

7. Pertimbangkan Kulit Sensitif

Untuk yang memiliki kulit sensitif terhadap sinar matahari, pertimbangkan untuk memakai baju renang yang tertutup seperti baju renang untuk muslimah.

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi