I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Ini 6 Hal yang Paling Dibutuhkan Anak Perempuan dari Ibunya

author
Ruth Sinambela
Jumat, 31 Maret 2023 | 11:10 WIB
Perasaan aman, nyaman, dan didengarkan sangat dibutuhkan anak perempuan dari ibunya | Shutterstock

Banyak pendapat yang mengatakan kalau hubungan antara anak perempuan dengan ibu biasanya tidak sedekat hubungan anak laki-laki dengan ibunya, padahal hal tersebut tidak benar lho, Bun.

Pada dasarnya hubungan antara anak dengan orang tua, baik anak laki-laki dan perempuan dengan ibu dan ayah, merupakan hubungan yang sama penting satu sama lainnya! Khususnya pada hubungan yang melibatkan ibu dan anak perempuan, tahukah Bunda kalau banyak hal yang bisa didapat si kecil dari hubungan yang baik dengan Bunda? 

Baca Juga: Mengajarkan Kesetaraan Antara Anak Perempuan dan Anak Laki-Laki Sejak Dini

Tidak sulit kok, membangun hubungan yang hangat dengan anak perempuan, Bun. Malah kalau berhasil membinanya, Bunda dan si kecil akan bisa menjadi teman yang baik dan partner yang masing-masing memberikan effort dalam hubungan yang positif!

Berikut ini 6 hal penting yang paling dibutuhkan anak perempuan untuk bisa tumbuh menjadi sosok yang penuh dan menyayangimu tanpa syarat, Bun!

Hadir dalam setiap fase hidupnya

Selalu hadir di setiap fase kehidupan anak merupakan hal yang teramat penting. Namun khusus untuk anak perempuan, kehadiran Bunda akan memberikan nilai yang lebih, karena mereka butuh merasakan kasih sayang dan perhatian dari Bunda, merasakan betapa ia dicintai dan berharga. Perasaan inilah yang nantinya akan membentuk karakter ceria dan percaya diri, juga mendorong eksplorasi dan kemampuan anak.

Hubungan ibu dan anak perempuan yang baik akan membentuk karakter anak yang penyayang dan mandiri | Shutterstock

Kata-kata lembut dan pelukan hangat

Tahukah Bunda kalau kontak fisik dan words of affirmation sangat dibutuhkan anak perempuan dari ibunya? Dengan demikian lah maka self-esteem nya akan terbangun. 

Bunda boleh saja berkata tegas pada mereka, mereka pun tahu kalau Bunda melakukannya untuk kebaikan mereka, namun hati-hati agar jangan sampai terus-menerus membentuk kebiasaan tersebut. 

Biarkan anak mengetahui dan merasakan kalau ketegasan Bunda bukanlah sesuatu yang negatif, karena pada dasarnya kelembutan, belaian, dan pelukan hangat dari Bunda yang merupakan inti dan bentuk dari rasa cinta Bunda padanya.

Dukungan

Anak perempuan akan tumbuh baik dan bahagia apabila memiliki kepercayaan dan dukungan dari ibunya. Kata-kata positif dari Bunda sangat penting untuk mereka. Anak perempuan mungkin suka bermanja-manja dengan ayahnya. Namun dukungan dari Bundalah yang paling dibutuhkan untuk meyakinkan mereka kalau mereka mampu. Juga memberikan rasa bangga kalau mereka dipercaya.

Baca Juga: Kapan Anak Perempuan Mulai Pakai Miniset?

Perasaan aman, nyaman, dan didengarkan

Hal ini berkaitan dengan komunikasi yang baik, Bun. Karena itulah sangat penting untuk membangun komunikasi dua arah yang hangat dan saling memahami. Bunda bisa memulainya sejak dini, yaitu dengan mengajak si kecil di dalam rahim untuk mengobrol, bernyanyi, atau membaca cerita. 

Hingga mereka lahir dan tumbuh besar, tetaplah menjaga rasa aman dan nyaman itu, juga rasa dimengerti dan didengarkan yang didapat si kecil dari Bunda, ya!

Ketegasan dapat dilakukan dengan upaya yang positif lho, Bun! | Shutterstock

Ketegasan yang hangat 

Penelitian menunjukan kalau gaya asuh Bunda yang disiplin namun hangat, akan membentuk kepercayaan diri serta kemandirian. Pada dasarnya para ahli sepakat kalau rutinitas dan kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting di dalam pola asuh atau parenting, Bun. Karena perasaan aman dan nyaman yang terbentuk di alam bawah sadar anak akan mendorong keberanian dan kemampuan anak untuk survive dalam hal apa pun.

Ekspektasi yang realistis

Anak perempuan sangat membutuhkan kepercayaan, dorongan dan pendampingan, juga ajakan Bunda untuk bermimpi. Hal ini akan membuat Bunda dan si kecil memiliki visi dan ikatan emosional yang sama untuk waktu yang lama. 

Bahkan para ahli berpendapat kalau ekspektasi yang realistis dari para ibu akan menjadi dasar yang sangat penting bagi kesuksesan anak perempuan di masa depan.

Baca Juga: 9 Pesan Saat Anak Perempuan Memasuki Masa Remaja

Kita semua percaya kalau di balik anak-anak yang hebat, selalu ada seorang ibu yang hebat pula. Dengan mengetahui 6 hal penting yang paling dibutuhkan anak perempuan dari ibunya ini, semoga para Bunda di seluruh dunia bisa memenuhinya agar setiap anak perempuan dapat tumbuh bahagia dan menjadi sosok yang hebat, serta memiliki mental yang kuat ya, Bun. Tetap semangat!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi