The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

9 Pesan Saat Anak Perempuan Memasuki Masa Remaja

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 28 Oktober 2018 | 18:12 WIB
| SHUTTERSTOCK

Usia 10 tahun menjadi saat penting bagi seorang anak perempuan. Sebentar lagi ia akan menjadi seorang remaja dengan berbagai tantangannya. Apa saja pesan yang harus ia ketahui memasuki masa remaja?

 

1.Menjadi pusat perhatian

Ia akan menjadi pusat perhatian orang-orang di sekelilingnya. Jadi ajarkan dan persiapkan bagaimana ia harus bersikap dengan baik.

2.Memasak makanan kecil

Ajari anak perempuan untuk menyiapkan makanan kecil seperti pasta, telur dadar, roti isi, dan lainnya.

3.Tubuhnya akan berubah

Tubuhnya akan segera berubah mengikuti perubahan hormonnya menuju remaja. Yang juga harus ia ketahui, emosinya pun bakal berubah juga.

4.Langsung dari orang tua

Di usianya ini, anak perempuan harus tahu tentang berbagai masalah yang bakal datang di kehidupannya. Lebih baik dia menerima info langsung dari orang tuanya ketimbang mendengarnya dari teman atau orang tak dikenal di luar.

Baca juga: 7 Kalimat Positif Agar Anak Pede dan Merasa Dicintai

5.Banyak orang tak beruntung di sekitar kita

Katakan pada anak bahwa ada banyak orang di dunia, bahkan di lingkungan mereka sendiri, yang tidak seberuntung dirinya.

Nah, membantu orang-orang seperti itu akan sangat berguna baginya. Sesekali ajak mereka mengunjungi panti jompo atau panti asuhan dan biarkan mereka berinteraksi dengan para penghuninya.

6.Uang tak tumbuh begitu saja di pohon

Sampaikan bahwa untuk mendapatkan sesuatu, kita harus bekerja keras. Ketika ia mendapat uang tambahan, ajarkan untuk membagi sebagian untuk ditabung dan menyumbang.

7.Penampilan itu penting

Anak sebentar lagi akan beranjak remaja dan lalu dewasa. Ia harus tahu bahwa sebagai perempuan, merawat diri, dan menjaga penampilan sangat penting bagi dirinya dan kehidupannya kelak.

| SHUTTERSTOCK

8.Tak semua orang baik

Masa remaja akan menjadi masa yang menyenangkan sekaligus sulit. Katakan bahwa ia harus pintar-pintar memilih teman. Beri ia motivasi agar tampil percaya diri menghadapi lingkungan barunya.

9.Hidup memang tak selalu mudah

Akan muncul tantangan yang harus ia hadapi yang mungkin akan terasa kejam dan tidak mungkin. Ia butuh keyakinan diri dan dukungan dari lingkungan terdekatnya untuk menghadapi semua itu. Katakan bahwa hidup memang kadang tidak mudah, tapi harus dihadapi dengan berani.

 

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro