You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

8 Hal yang Pantang Dilakukan saat Merawat Bayi Newborn

author
Ruth Sinambela
Senin, 8 Mei 2023 | 09:59 WIB
Merawat bayi baru lahir membutuhkan perhatian khusus | Shutterstock

Bayi baru lahir memiliki imunitas serta fungsi organ tubuh yang belum sempurna dan masih akan terus berkembang hingga mencapai kemampuan optimalnya dalam mendukung kinerja dan menjaga kesehatan tubuhnya, Bun. Oleh karena itulah, dibutuhkan banyak perhatian, khususnya dalam beberapa hal, untuk merawat dan menjaga bayi baru lahir.

Fokus dan kehati-hatian juga sangat dibutuhkan agar tindakan-tindakan yang “tidak disengaja” jangan sampai menyebabkan dampak yang kurang baik atau bahkan membahayakan si kecil yang baru lahir, seperti rasa tidak nyaman hingga rasa sakit. 

Berikut ini 8 hal penting yang harus Bunda maupun Ayah perhatikan saat mengasuh si kecil yang baru lahir.

Baca Juga: 5 Faktor yang Bisa Menyebabkan Bayi Newborn Sulit Tidur

Bayi newborn ditidurkan tengkurap

Meskipun aktivitas menengkurapkan bayi atau tummy time sudah boleh dilakukan sejak dini, namun aktivitas ini pun harus dilakukan di dalam pengawasan penuh ya, Bunda. Apabila tidak, menengkurapkan bayi justru bisa meningkatkan risiko SIDS atau kematian mendadak. 

Selain itu, tummy time sebaiknya hanya dilakukan saat Bunda yakin kalau si kecil sudah siap dan mau melakukannya. Atau lebih baik lagi, konsultasikan lah terlebih dahulu dengan dokter anak.

Tummy time harus dilakukan dengan pengawasan orang tua dan sesuai dengan kemauan serta kemampuan bayi | Shutterstock

Membiarkan bayi newborn tidur terlalu lama tanpa menyusu

Perlu dipahami bahwa bayi newborn wajib menyusu setiap minimal 2 jam sekali, atau kapan pun ia membutuhkan dan menginginkannya. Karena itulah membiarkan bayi tidur terlalu lama hingga melewatkan waktu menyusu sangat tidak dianjurkan karena akan menghambat pertumbuhan juga bisa berdampak pada kesehatan mereka.

Tidak menyendawakan bayi

Tidak menyendawakan bayi setelah menyusu bisa membuat perut atau sistem pencernaan si kecil terasa tidak nyaman, Bun. Hal ini lebih jauh lagi, dapat membahayakan kesehatan bayi karena dapat menyebabkan kolik serta asam lambung pada bayi.

Bereaksi berlebihan ataupun meremehkan ketika bayi demam

Bersikap berlebihan atau menganggap remeh ketika bayi demam sama-sama tidak baik, Bun. Yang tepat adalah Bunda dan Ayah tetap bersikap tenang dan memantau terus perkembangan kondisi si kecil saat demam. Dengan demikian lah maka orang tua bisa segera mengetahui langkah apa yang harus diambil sesuai dengan situasi dan kebutuhan.

Mengetahui red flag anak demam sangat penting namun orang tua sebaiknya juga tidak bersikap atau bereaksi panikegera membawa buah hatinya ke dok | Shutterstock

Baca Juga: Kenali Red Flag Anak Demam dan Harus Segera Dibawa ke Dokter!

Mengajak bayi newborn ke tempat umum yang terlalu ramai

Selain bisa mengakibatkan overstimulasi, mengajak bayi newborn ke tempat umum atau ramai dapat membuat bayi terinfeksi virus maupun bakteri. Ditambah lagi daya tahan tubuh yang dimiliki bayi juga belum sempurna. Maka sebaiknya hindarilah membawa bayi ke tempat umum dan ramai, kecuali untuk imunisasi atau berobat.

Mengayun dengan keras

Menggoyang atau mengayun bayi dengan keras dapat menyebabkan shaken baby syndrome, Bun. Hati-hati ya, karena hal ini memang dapat terjadi lantaran organ dalam yang dimiliki oleh bayi newborn masih rapuh dan bisa rusak.

Meninggalkan botol susu di mulut bayi tanpa didampingi

Jangan sampai meninggalkan botol susu di mulut bayi saat ia tidur ya, Bun. Meninggalkan botol susu di mulut bayi dapat menyebabkan bayi tersedak dan hal ini tentu saja sangat membahayakan.

Bayi newborn yang menangis harus segera dicari tahu penyebabnya, terkadang bayi yang menangis terus-menerus bisa disebabkan kolik, Bun |

Membiarkan bayi menangis

Bayi akan “bau tangan” apabila sering digendong merupakan mitos, Bun. Sebaliknya, membiarkan bayi newborn menangis terus-menerus tanpa menenangkannya dengan menggendong atau memeluknya, sangat tidak disarankan oleh para ahli. Karena dapat menyebabkan trauma mental hingga tuli!

Baca Juga: 7 Hal ini Yang Harus Bunda Lakukan Saat Bayi Kolik

Harus diperhatikan ya, Bunda dan Ayah... Memperlakukan bayi baru lahir memang sedikit berbeda, karena itu orang tua butuh banyak belajar terus dalam hal mengasuh dan merawat anak. 

Meskipun menjadi orang tua memang tidak ada sekolahnya, Bunda dapat mencari tahu lewat berbagai artikel parenting yang bisa dipercaya, juga bertanya langsung pada dokter anak ketika merasa bingung atau ada sesuatu yang tidak dimengerti.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi