We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Mengurus dan Mencetak KK Barcode Secara Online Lewat Smartphone

author
Ruth Sinambela
Selasa, 25 Juli 2023 | 10:42 WIB
Tak hanya Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan Ijazah kini mulai menggunakan Barcode atau QR Code sebagai pengganti tanda tangan pejabat terkait | Instagram @dispendukcapil.sby

Kartu Keluarga (KK) kini dapat dicetak sendiri dari smartphone Bunda, lho. Namun pastikan kalau Bunda sudah mengganti KK lama dengan KK Barcode, ya!

KK Barcode merupakan kartu keluarga model terbaru yang menyertakan barcode atau QR Code di pojok kanan bawah sebagai pengganti tanda tangan atau pengesahan dari pejabat terkait. 

KK Barcode dapat Bunda urus dengan mengunjungi kantor Dukcapil masing-masing daerah. Selain itu, Bunda juga bisa mengurusnya secara online dan mencetaknya sendiri.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Identitas Anak (KIA) dan Apa Saja Manfaatnya

Mengganti KK lama ke KK Barcode

Bunda maupun Ayah dapat mengurus penggantian KK Barcode ke kantor Dukcapil setempat, atau bisa juga via online dengan memperhatikan langkah-langkah berikut:

  • Mengurus KK Barcode langsung di kantor Dukcapil masing-masing wilayah
  • Mengurus KK Barcode menggunakan aplikasi Dukcapil Online dengan mengunduh di Playstore
  • Apabila KK Barcode telah selesai diproses, maka Dukcapil akan mengirimkan KK Barcode dalam format PDF ke email terdaftar
  • Bunda pun bebas untuk mencetaknya atau tidak, karena KK Barcode sudah tercatat secara digital, diakui secara sah, dan dapat langsung digunakan sesuai kebutuhannya!

Hubungi kantor Disdukcapil masing-masing wilayah untuk mengetahu alamat website atau LINK yang bisa digunakan untuk mengurus KK Barcode secara online ya, Bun! | Instagram @disdukcapilkab.bogor

Baca Juga: Ini Persyaratan Membuat e-KTP Terbaru Tahun 2023, Bun!

Apabila Bunda tetap ingin mencetaknya, maka berikut langkah yang harus dilakukan:

  • Mendatangi kantor Dukcapil setempat dan mengajukan permohonan cetak KK Barcode secara mandiri
  • Mengajukan permohonan cetak atau cetak ulang KK Barcode mandiri dari website Dukcapil masing-masing daerah
  • Jangan lupa untuk mencantumkan nomor ponsel dan email yang bisa dihubungi agar petugas Dukcapil bisa mengirimkan soft file KK Barcode untuk dicetak mandiri
  • Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) akan mengirimkan notifikasi melalui layanan pesan singkat atau email dalam bentuk informasi link situs Dukcapil serta file PDF
  • Selain itu akan diberikan PIN rahasia untuk membuka layanan cetak Kartu Keluarga Barcode secara online
  • Simpan PIN rahasia untuk kebutuhan di masa depan
  • Bunda bisa langsung mengunduh dan mencetak KK Barcode lewat smartphone!

Bagaimana Bun, cukup mudah bukan? Untuk informasi persyaratan yang diperlukan Bunda bisa langsung menghubungi kantor Dukcapil masing-masing wilayah lewat call center atau datang ke kantor Dukcapil langsung, ya! 

Selain itu, karena sistem mengurus dan mencetak KK Barcode kini masih dalam pengembangan, maka harap maklum apabila Bunda mungkin saja menjumpai beberapa kendala dalam pengurusannya. 

Baca Juga: Pentingnya Dana Darurat di Dalam Keluarga

Sangat disarankan untuk tetap menghubungi kantor Dukcapil terdekat terutama mengenai persyaratan, aplikasi yang digunakan, hingga LINK atau alamat website masing-masing Dukcapil yang bisa diakses untuk mengurus KK Barcode secara online ini. Hal ini dibutuhkan karena biasanya setiap kantor Dukcapil memiliki persyaratan dan langkah-langkah yang mungkin berbeda, Bunda. Selamat mencoba!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi