What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Ice Skating, Olahraga atau Permainan? Apa Manfaatnya untuk Anak?

author
Ruth Sinambela
Jumat, 11 Agustus 2023 | 08:59 WIB
Bermain ice skating berarti si kecil juga sedang berolahraga Bun, banyak manfaatnya! | Shutterstock

Tahukah Bunda kalau ice skating merupakan salah satu jenis olahraga atletik yang memang lebih populer di negara-negara Eropa dan Amerika? Meski demikian di Indonesia pun kini semakin banyak tempat bermain ice skating yang dapat dikunjungi. Bahkan ada pula beberapa lokasi ice skating yang biasa digunakan untuk latihan rutin, lho.

Kalau si kecil termasuk salah satu anak yang suka bermain ice skating dan memperlihatkan ketertarikan dan minat kuat untuk mempelajarinya, coba daftarkan ke kelas ice skating yang ada di beberapa lokasi di Jakarta berikut ini:

  • Skyrink Jakarta, Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat
  • BX Rink, Bintaro Xchange Mall, Tangerang Selatan
  • Oasis Centre Arena, AEON Jakarta Garden City, Jakarta Timur

Baca Juga: Manfaat Berolahraga Rutin untuk Tumbuh Kembang Anak

Selain menyenangkan untuk anak, ice skating juga menyehatkan, Bunda. Bisa dibilang, ice skating merupakan salah satu olahraga permainan yang seru khususnya bagi anak-anak. Berikut manfaat lain yang bisa didapat si kecil dari rutin berlatih ice skating!

Ring ice skating di Indonesia kini semakin mudah ditemui | Shutterstock

Melatih keseimbangan tubuh

Tidak mudah, si kecil harus bisa menjaga keseimbangan saat berdiri di lapangan es yang licin. Meski demikian, kesulitan ini akan membuat anak belajar menjaga keseimbangan dan tidak mudah terjatuh, Bun.

Memperkuat otot kaki

Bermain ice skating akan melatih otot-otot kaki karena harus menjaga keseimbangan dan bergerak dengan mendorong kaki ke berbagai arah.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengembangkan Bakat Anak yang Bisa Bunda Lakukan Sekarang

Melenturkan persendian

Saat bermain ice skating, sendi akan dilatih untuk menerima dan melepas tekanan dengan teratur. Ini akan membuat sendi menjadi lentur dan mencegah nyeri sendi.

Menjaga berat badan

Sebuah penelitian di Swiss menyebut kalau rutin berolahraga ice skating terbukti efisien dalam menjaga berat badan dan melangsingkan tubuh. Hal ini karena satu sesi ice skating selama 30 menit bisa membakar 200-250 kalori. Bahkan menurut para ahli, tubuh sebenarnya akan membakar kalori lebih banyak ketika suhu dingin!

Minat dan bakat anak bisa jadi membawanya pada kesempatan untuk berkompetisi dan berprestasi. Didukung ya, Bun! | Shutterstock

Baik untuk kesehatan mental

UNC Health Care menyebutkan bahwa ice skating termasuk olahraga meditasi yang apabila dilakukan dalam waktu lama akan memberikan ketenangan dan fokus. Sehingga baik untuk kesehatan mental!

Ice skating merupakan salah satu jenis olahraga yang saat melakukannya rasanya tidak seperti sedang berolahraga, namun tetap memberikan manfaat yang sama dengan olahraga kardio, seperti berlari, berjalan, atau bersepeda, Bun! 

Baca Juga: Memilih Olahraga yang Tepat untuk Anak dengan Autisme

Khususnya untuk anak-anak, olahraga ice skating sangat cocok bagi si kecil yang butuh kegiatan baru, seru, dan menyehatkan sebagai alternatif pilihan olahraga dengan segudang manfaat yang ditawarkannya. Jadi boleh banget ya Bun, kalau mau menjadikan ice skating sebagai olahraga rutin untuk si kecil. Selamat mencoba!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi