You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Keajaiban Vernix dalam Produk Baby Gentle Wash Sebamed

author
Claudia Tari Aplabatansa
Kamis, 17 Agustus 2023 | 15:00 WIB
Vernix dengan manfaatnya yang ajaib! | Shutterstock |

Pernahkah melihat kondisi bayi yang baru keluar dari rahim Ibu? Terlihat kulit bayi berwarna merah muda dan seperti terbalut lapisan berwarna putih tebal yang bersembunyi pada lipatan-lipatan kulit bayi. 

Lapisan putih ini disebut lapisan biofilm atau vernix caseosa, dan kondisi ini wajar terjadi pada bayi baru lahir. 

Menurut National Library of Medicine, vernix terjadi secara alami dan menutupi kulit janin selama trimester terakhir kehamilan. Lapisan vernix pada kulit bayi baru lahir berfungsi melindungi kulit bayi dan memfasilitasi adaptasi kulit di luar rahim pada minggu-minggu pertama setelah kelahiran. Vernix mengandung air, asam lemak, dan protein yang melembapkan kulit bayi. 

Baca juga: Normalkah Warna Kulit Bayi Baru Lahir Berubah-ubah?

Kenali Keajaiban Vernix

Bukan sekadar pelembap kulit, vernix dapat  masuk ke dalam saluran telinga untuk melindungi bayi dari suara-suara keras. Terdapat satu fakta menarik tentang vernix lho, Bun, yakni hanya manusia dan singa laut yang menghasilkannya. Ajaib bukan?

Berikut ini sederet keajaiban  vernix menurut website happiestbaby.com yang dikatakan oleh Dr. Harvey Karp, MD, FAAP: 

  1. Pelindung kulit alami

Vernix bertindak sebagai pelindung alami bagi kulit bayi selama berada dalam rahim dan juga setelah lahir. Lapisan ini membantu melindungi kulit bayi dari paparan cairan amnion yang dapat mengiritasi, serta menjaga kelembapan kulit yang penting untuk kesehatan dan kenyamanan bayi.

  1. Perkembangan kulit dan kekebalan tubuh

Menurut penelitian, vernix mengandung protein, lipid, dan peptida yang dapat mendukung perkembangan kulit bayi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi dengan cara  melawan infeksi dan menjaga keseimbangan mikrobiota kulit.

  1. Sifat antibakteri dan antijamur

Para peneliti telah menemukan bahwa vernix memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu melindungi kulit bayi dari pertumbuhan mikroorganisme patogen yang bisa menyebabkan infeksi. 

  1. Perawatan kulit dewasa

Meskipun umumnya terkait dengan bayi baru lahir, vernix telah menarik minat dalam penelitian perawatan kulit dewasa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa komponen vernix dapat memiliki manfaat dalam menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, dan meningkatkan elastisitas kulit pada orang dewasa.

  1. Potensi dalam industri perawatan kulit 

Beberapa perusahaan kosmetik dan perawatan kulit telah mulai memanfaatkan komponen vernix dalam produk-produk mereka. Ini termasuk krim, lotion, dan serum yang mengandung bahan-bahan yang mirip dengan yang ada dalam vernix, dengan tujuan meningkatkan kesehatan kulit dan penampilan.

Baby Gentle Wash Melindungi Kulit Bayi Seperti Vernix

Sebamed Baby Gentle Wash hadir dengan formula baru | Shutterstock |

Minggu lalu Sebamed Indonesia meluncurkan produk terbarunya, yaitu Baby Gentle Wash. Mengusung formulasi yang melindungi kulit bayi seperti vernix, aman, dan bebas sabun untuk bayi baru lahir, Sebamed Baby Gentle Wash memiliki kandungan utama Allantoin yang dapat mempertahankan kelembapan dan Squalane untuk mencegah iritasi dan gatal pada kulit bayi. 

Pembersih asal Jerman ini diformulasikan pada pH 5,5 untuk membersihkan kulit bayi sekaligus mendukung sistem mantel asam kulit. Produk perawatan ini sangat cocok untuk kulit bayi yang  sangat sensitif dan dapat menutrisi kulit bayi. 

Acara peluncuran produk dibuka oleh Direktur Sebamed Indonesia, Josephine Tirtanata dan  Produk Manager Sebamed Baby, Tatang Suhendar. 

Baca juga: Penyebab Umum Alergi Kulit pada Bayi serta Bagaimana Cara Mengatasinya

New born perlu dirawat dengan hati-hati, jangan sampat terkena zat yang berbahaya, apalagi paparan di luar pH ideal bagi kulit bayi, karena akan membuat kulit kering dan menghambat perkembangan skin barrier,” terang Josephine.

Dengan formulasi yang lebih mutakhir Sebamed Baby Gentle Wash ini dapat menjadi pilihan untuk  merawat kulit bayi baru lahir yang masih rentan. Tatang menyarankan bayi baru lahir sebaiknya tidak menggunakan sabun yang bersifat alkali. “Jika menggunakan sabun, akan berdampak pada hilangnya minyak alami pada kulit bayi sehingga menyebabkan kulit kering. Hasilnya, mantel kulit pada lapisan terluar tidak mempunyai barrier lagi,” jelas Tatang.

Uniknya, Baby Gentle Wash ini bisa berperan seperti vernix karena mengandung lipid yang mirip dengan vernix (sama seperti di dalam rahim ibu) untuk melindungi dan menghidrasi kulit bayi.

Selain itu Baby Gentle Wash juga bebas dari iritan (maka insiden reaksi alergi yang dilaporkan sangat rendah) yaitu 0,000003%. Jadi cocok untuk kulit bayi yang sensitif dan rentan gejala alergi kulit, seperti ruam, gatal-gatal, serta eksim. Tak kalah penting, saat dipakaikan waktu memandikan bayi pun tidak pedih di mata. 

Nah, bagaimana, Bun? Semoga bisa menjadi salah satu pilihan untuk perlindungan kulit si kecil, demi menjaga kesehatan kulitnya dari alergi dan iritasi.

Penulis Claudia Tari Aplabatansa
Editor Ratih Sukma Pertiwi