A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Bumil Minum Air Kelapa Bikin Kulit Bayi Bersih?

author
Isna Triyono
Sabtu, 23 November 2019 | 11:00 WIB
|

Kandungan air kelapa sudah tidak diragukan lagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Salah satunya adalah kandungan elektrolit yang membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan antioksidan yang bisa menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.

Bagi ibu hamil, air kelapa dipercaya punya khasiat lainnya. namun benarkan yang selama ini dipercaya banyak ibu hamil?

Berikut ini mitos dan fakta tentang air kelapa bagi ibu hamil.

Baca juga: Perlukah Pakai Korset Setelah Melahirkan?

1. Bikin Kulit Bayi Bersih

Ibu hamil pasti sering disarankan untuk sering-sering minum air kelap hijau. Tujunnya agar ketika bayinya lahir nanti, kulitnya akan bersih dan putih.

Namun ini hanyalah mitos belaka. Karena belum ada penelitian yang membuktikan soal hal ini. Perlu diingat bahwa kulit bersih dan putih sseorang adalah karena faktor genetik.

2. Bikin Rambut Bayi Tebal

Ini sama seperti manfaat air kelapa untuk kulit bayi agar bersih dan putih. Ketebalan rambut seseorang juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun kamu bisa memberi bayi minyak kelapa saat sudah lahir nanti agar rambutnya lebih sehat.

3. Pengganti Cairan Tubuh

Ini adalah fakta. Jika ibu hamil muda dan mengalami mual-mual sehingga sulit untuk minum air putih maka air kelapa bisa menjadi solusi agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Kandungan elektrolitnya bisa mengganti cairan tubuh yang keluar.

Meski demikian, ibu hamil harus tetap berusaha mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya.

Baca juga: Ini Bahaya Infeksi Saluran Kencing pada Ibu Hamil dan Tips Mencegahnya

4. Menjernihkan Air Ketuban

Ini adalah fakta bahwa air kelapa bisa menjernihkan air ketuban. Kandungan elektrolit dan antioksidannya bisa menyerap lendir dan kotoran dalam air ketuban.

5. Bisa Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Dengan kandungannya yang baik bagi kesehatan, air kelapa hijau sering dipercaya bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi ibu hamil. Hal ini adalah mitos belaka.

Faktanya, kebutuhan nutrisi didapat dari berbagai makanan, misalnya daging, sayur, dan buah. Jadi hanya meminum air kelapa, tidak bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono