We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Lip Tint, Lip Cream, Lip Stain, Apa, sih, Bedanya?

author
Claudia Tari Aplabatansa
Rabu, 30 Agustus 2023 | 10:00 WIB
Meski sama-sama membuat tampilan bibir lebih segar, lip tint, lip cream, dan lip stain memiliki keunggulan masing-masing. | Shutterstock

Seiring berjalannya waktu dan banyaknya inovasi, produk pewarna bibir yang awalnya hanya lipstik kini marak dijumpai lip tint, lip stain, dan juga lip cream.

Sayangnya masih banyak yang belum tahu perbedaan ketiga jenis produk tersebut lantaran bentuknya yang mirip. Yuk, kita ulas satu per satu!

1. Lip tint

Lip tint adalah salah satu produk pewarna bibir yang populer, khususnya di kalangan remaja.  Lip tint berupa cairan kental atau pasta tipis, cerah dan jelas, melembapkan dan ringan. Setelah diaplikasikan, lip tint memberi efek bibir lembap dan tiga dimensi, tetapi lebih mudah untuk dihapus. 

Warna lip tint lebih terlihat dibanding lip gloss yang hanya memberikan efek berkilau. Lip tint memiliki beragam varian warna, mulai dari warna terang hingga gelap. Biasanya lip tint berbentuk seperti krayon, namun ada juga lip tint yang berbentuk cair.

Fungsinya lebih menyerupai pelembap bibir dan bisa mengandung sunscreen. Jika Bunda sudah menggunakan lipstik, cukup oleskan lip tint di bagian tengah bibir untuk mendapatkan efek tiga dimensi yang baik.

2. Lip cream

Sesuai namanya, lip cream memiliki tekstur yang creamy. Hal ini membuat warna lip cream menyatu dengan warna alami bibir. Warna yang dihasilkan lip cream juga lebih tahan lama sehingga tidak perlu mengoleskan berulang kali. Bahkan karena sangat tahan lamanya, pada beberapa produk, untuk menghapus lip cream kamu perlu menggunakan make up remover.

3. Lip stain

Lip stain biasanya terbuat dari air atau mineral, namun ada beberapa yang terbuat dari minyak tumbuhan. Dibanding lip tint, warna lip stain lebih tahan lama. Namun umumnya lip stain mengandung alkohol dan cenderung membuat bibir jadi kering. 

Lip stain menawarkan warna-warna natural yang tidak jauh berbeda dengan warna alami bibir, seperti merah, pink, serta peach. Lip stain tidak hanya berbentuk cair, ada juga yang bentuk roll-on, tube, hingga yang menggunakan aplikator sponge-tip

Baca juga: 4 Cara Memilih Lipstik Nude Yang Tepat, Plus Rekomendasi Brand Lokal

Bibir tampak cantik dengan produk untuk bibir yang sesuai dengan kebutuhan kulit || Shutterstock |

Rekomendasi Produk Lip Tint, Lip Cream, dan Lip Stain Terbaik 2023

Lip tint

1. SASC We're Unstoppable Lip Tint – Fearless

Lip Tint ini diperkaya dengan triple ceramide, hyaluronic Acid, squalane, collagen, dan UV defense untuk melembapkan dan melindungi bibir. Dengan formula yang ringan, lembut, dan mudah saat digunakan.

2. Tony Moly Delight Tony Tint

Merupakan lip tint dengan formula ringan dan pigmentasi warna yang tinggi yang tahan lama. Diperkaya dengan kombinasi rosehip, argan, and jojoba oil yang dapat menutrisi, melembapkan dan meningkatkan elastisitas bibir sehingga bibir tampak lebih sehat.

3. Peripera Airy Ink (4 gr)

Produk ini merupakan salah satu lip tint terbaik dengan warna high pigmented, memberikan hasil akhir matte, sehingga bibir terlihat lebih sehat dan cantik. Long-lasting formula yang menjadikannya awet tahan lama, tanpa membuat bibir kering. Kemasan dari lip tint Korea ini juga mungil sehingga tidak makan tempat dan cocok untuk dibawa berpergian. 

Lip Cream

1. Emina Poppin Matte 90's Limited Edition

Emina Poppin Matte merupakan lip cream yang memiliki tekstur creamy serta akhir matte, dilengkapi dengan film former yang mampu menjaga lip cream agar tahan lama. Dengan formulanya yang terasa ringan dan tidak lengket, Emina Poppin Matte nyaman untuk digunakan sepanjang hari.

2. ESQA Matte Lip Liquid

Esqa Matte Lip Liquid mempunyai warna-warna yang super wearable dan cocok buat semua tone kulit terutama kulit orang Indonesia. Teksturnya yang creamy mempunyai warna yang super pigmented dalam sekali swipe. Tidak mengandung triclosan, sodium lauryl sulfate, dan gluten.

3. BLP Lip Coat

BLP Lip Coat sendiri adalah perona bibir yang diluncurkan oleh brand kosmetik By Lizzie Parra, sebuah brand lokal Indonesia. Produk dari BLP satu ini memiliki berbagai macam warna yang dapat membuat bibir lebih cantik dan berwarna.

Baca juga: 5 Tips Memakai Lipstik Warna Gelap

Lip Stain

1. Emina Glossy Stain

Bertekstur gel dengan glossy finish yang cantik tanpa membuat bibir terasa berminyak. Formulanya ringan dan nyaman digunakan sehari-hari. Juga mengandung moisturizing actives untuk menjaga bibir tetap lembap.

2. Luxcrime Ultra Light Lip Stain

Luxcrime Ultra Light Lip Stain diklaim mampu stay di bibir sepanjang hari hingga 12 jam tanpa transferproof dan bibir kering.

3. Fenty Beauty Poutsicle Hydrating Lip Stain

Warna bibir yang cerah dan berair, memberikan hidrasi instan sepanjang hari untuk tampilan yang mudah dan rendah perawatan, menjadi mengkilap dan meninggalkan warna lembut, menampilkan inovasi minyak dalam air dengan squalene, kunci dalam kelembapan dan kondisi bibir terasa halus.

Penulis Claudia Tari Aplabatansa
Editor Ratih Sukma Pertiwi