If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Bolehkah Ubun-Ubun Bayi Dioles Minyak Telon?

author
Ruth Sinambela
Senin, 4 September 2023 | 10:00 WIB
Minyak telon sebaiknya tidak digunakan di kepala atau ubun-ubun bayi ya, Bunda | Shutterstock

Minyak telon adalah salah satu produk aromaterapi yang sering digunakan sebagai perawatan untuk bayi setelah mandi. Selain wangi atau aromanya enak dihirup, kehangatan minyak telon juga terbilang cukup aman untuk dioleskan di kulit bayi.

Meski demikian, sering muncul pertanyaan mengenai aman tidaknya memberikan minyak telon pada ubun-ubun bayi, Bun. Pertimbangannya karena orang tua takut kalau-kalau menggunakan minyak telon di area kepala mungkin dapat menimbulkan reaksi yang kurang baik pada bayi. Namun sebagian orang melakukannya dengan tujuan menambah kehangatan pada tubuh bayi. 

Faktanya menurut ahli, mengoleskan minyak telon di ubun-ubun bayi memang tidak disarankan ya, Bun! Rupanya hal ini disebabkan oleh kulit bayi yang cenderung lebih tipis dan sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Meskipun minyak telon umumnya dianggap sebagai produk yang aman, tetap ada risiko yang harus diperhatikan.

Baca Juga: 5 Manfaat Ajaib Rutin Membacakan Buku Sejak Bayi

Apa saja kah risiko yang mungkin dialami bayi apabila menggunakan produk minyak telon di ubun-ubun? Serta bagaimana sebaiknya Bunda menggunakan minyak telon dengan bijak pada kulit si kecil? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini yuk, Bun.

Ilustrasi minyak telon untuk bayi | Shutterstock

Sensitivitas kulit bayi

Kulit bayi mudah merespon bahan-bahan baru. Beberapa bayi mungkin mengalami reaksi alergi atau iritasi kulit akibat minyak telon. Mengaplikasikan minyak telon pada bayi, sebaiknya hanya di area kecil seperti tangan atau kaki dan amati apakah ada tanda-tanda reaksi negatif. Selain itu, ada baiknya kalau bayi newborn jangan dulu dioles minyak telon ya, Bunda.

Pori-pori mungkin tersumbat

Mengoleskan minyak telon pada ubun-ubun atau kepala bayi justru bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit. Ini bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat kecil atau peradangan folikel rambut.

Aroma terlalu kuat

Minyak telon mungkin akan memberikan sensasi aroma yang kuat bagi sebagian bayi. Hal ini dikarenakan bayi memiliki saluran pernapasan yang lebih kecil dan sensitif. Karena itulah aroma yang terlalu kuat berisiko membuat bayi kurang nyaman atau bahkan menyebabkan reaksi alergi pada sistem pernapasannya.

Baca Juga: Waspada Bahaya SLS dalam Produk Perawatan Tubuh, Ketahui Juga Nama Lainnya!

Risiko tertelan

Bayi cenderung memasukkan segala sesuatu yang mereka sentuh ke dalam mulut kan, Bun? Tentu akan ada risiko si kecil mencoba menggosok atau menyentuh kepala mereka dan kemudian memasukkan tangannya ke dalam mulut. Ini bisa menyebabkan mulut si kecil mungkin merasa kepanasan. Meski jarang terjadi sebaiknya Bunda tetap memperhatikan situasi ini.

Bayi suka memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya, termasuk mengisap jari dan tangan | Shutterstock

Tips menggunakan minyak telon

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan bayi saat menggunakan minyak telon, berikut beberapa tips untuk Bunda:

  • Lakukan tes sensitivitas dengan mengoleskan sedikit minyak telon di area kecil kulit bayi dan pantau reaksinya.
  • Jika memutuskan untuk menggunakannya, oleskan dengan hati-hati dan hindari area kepala.
  • Pilih produk minyak telon yang aman dan berkualitas.
  • Amati kulit bayi setelah penggunaan untuk memastikan tidak ada iritasi atau reaksi alergi.

Meski hanya sekedar produk perawatan, menggunakan minyak telon tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan bayi dalam menerima efeknya ya, Bunda. Karena mungkin saja si kecil tidak cocok dengan produk ini atau misalnya memiliki masalah kesehatan kulit lainnya, seperti sensitif atau alergi.

Baca Juga: Mengenal Sindrom Gianotti-Crosti, Penyakit Kulit Langka yang Diderita Anak Mandy Moore

Jika dibutuhkan, Bunda boleh saja menanyakan perihal tersebut ke dokter spesialis anak sebelum menggunakan produk minyak telon. Ingat Bun, setiap bayi memiliki kondisi kulit dan kesehatan yang unik, maka rekomendasi dari profesional medis tentu akan membantu Bunda dalam mengambil keputusan terbaik untuk si kecil.

Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211102192609-255-715730/hati-hati-jangan-sembarang-oles-minyak-telon-pada-bayi-baru-lahir

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi