I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

5 Manfaat Ajaib Rutin Membacakan Buku Sejak Bayi

author
Ruth Sinambela
Selasa, 25 Juli 2023 | 09:09 WIB
Membacakan buku sejak bayi masih di dalam kandungan sangat baik untuk tumbuh kembang | Shutterstock

Tahukah Bunda dan Ayah kalau membacakan buku pada si kecil sudah dapat dilakukan sejak ia masih di dalam kandungan? Seperti memperdengarkan musik klasik, Bun. Akan sangat baik kalau Bunda juga membacakan buku untuk calon buah hati secara rutin!

Bahkan para ahli  menyarankan agar para orang tua rutin membacakan buku pada anak, khususnya saat anak berusia balita. Karena pada periode ini, anak sedang aktif mengembangkan keterampilan kognitif, sosial, dan emosionalnya. Dengan rutin membacakan buku artinya Bunda dan Ayah telah melakukan salah satu cara yang efektif untuk merangsang tumbuh kembang juga menanamkan kecintaan membaca pada anak sejak dini.

Baca Juga: Mengapa Si Kecil Suka Menonton Film atau Membaca Buku yang Sama Berulang Kali?

Berikut beberapa manfaat membacakan buku untuk tumbuh kembang balita yang wajib Bunda tahu!

Merangsang perkembangan bahasa dan kosakata 

Membacakan buku pada balita membantu meningkatkan kosakata dan memperkaya kemampuan bahasa mereka, Bun. Saat mendengarkan cerita, anak akan terpapar dengan beragam kata-kata baru. Hal ini membantu meningkatkan kemampuan berbicara dan memahami bahasa. Selain itu, melalui buku, si kecil juga dapat belajar tentang kalimat, tata bahasa, dan struktur cerita yang menjadi dasar dalam kemampuan berbahasa.

Bunda bisa rutin mengajak si kecil membaca buku sambil melakukan tummy time! | Shutterstock

Membantu perkembangan kognitif 

Membacakan buku pada balita melibatkan aktivitas berpikir dan imajinasi. Saat mendengarkan cerita, anak perlu memvisualisasikan cerita, menghubungkan informasi, dan mengikuti alur cerita. Hal ini merangsang perkembangan kognitif, termasuk kemampuan memori, pemecahan masalah, dan pemikiran logis. Si kecil juga akan belajar mengenali warna, bentuk, angka, dan huruf melalui buku yang sesuai dengan usia mereka.

Baca Juga:  5 Alasan Membaca Bersama Anak Itu Penting

Mengembangkan imajinasi dan kreativitas 

Dalam membaca buku, anak dapat memasuki dunia imajinatif dan kreatif. Mereka dapat membayangkan tokoh, tempat, dan peristiwa dalam cerita. Hal ini membantu mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya. Selain itu, buku cerita yang memiliki ilustrasi yang menarik juga dapat mendorong si kecil untuk berkreasi dan mengembangkan daya imajinasi mereka sendiri.

Meningkatkan konsentrasi dan ketenangan 

Membacakan buku pada balita secara rutin membantu melatih konsentrasi lho, Bun. Saat si kecil mendengarkan cerita, mereka perlu fokus untuk memahami alur cerita dan mengikuti detail-detail yang disampaikan. Ini juga membantu meningkatkan kemampuan serta kemauan anak untuk duduk dengan tenang dan mendengarkan dalam periode waktu tertentu. Hal ini akan membentuk kebiasaan membaca dan konsentrasi yang lebih baik di masa depan, Bun!

Dengan rutin membacakan buku sejak bayi, si kecil akan tumbuh dengan minat literasi yang lebih baik dari anak lain, Bun | Shutterstock

Meningkatkan hubungan emosional dan sosial 

Membacakan buku pada balita adalah momen berharga antara Bunda, Ayah, dan si kecil. Aktivitas ini membantu memperkuat ikatan emosional dan membangun hubungan yang erat. Selain itu, membaca buku juga mengajarkan anak tentang emosi, moral, dan hubungan sosial. Melalui cerita, anak dapat memahami nilai-nilai seperti persahabatan, kejujuran, dan empati. 

Baca Juga: Jadikan Membaca Sebagai Kebiasan, Ini 6 Tipsnya

Membacakan buku pada balita adalah kegiatan yang bermanfaat dan memiliki dampak positif pada tumbuh kembang mereka. Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, membacakan buku juga dapat menjadi kebiasaan yang membantu anak menyukai literasi dan membaca sejak dini. 

Oleh karena itu, sangat dianjurkan apabila Bunda dan Ayah mau lebih terlibat aktif untuk mengajak dan membacakan buku pada si kecil. Harapannya, kebiasaan membaca ini akan terus ditunggu-tunggu dan disukai oleh anak hingga mereka dewasa, Bunda. Semangat!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela