A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Buku Pop-Up Sebagai Media Belajar Anak yang Penuh Manfaat

author
Ruth Sinambela
Kamis, 17 Februari 2022 | 15:01 WIB
Pop-up Book Meningkatkan Minat Baca Anak | Shutterstock

Bunda pasti sudah mengenal buku pop-up, atau buku cerita bergambar anak-anak dengan ciri khas gambar tiga dimensi yang akan muncul setiap kali halamannya dibuka, bukan? Tahukah Bunda kalau buku pop-up ternyata dapat memberikan banyak manfaat untuk si kecil?

Buku pop-up sebenarnya merupakan buku cerita biasa, dengan warna-warni dan gambar khas anak-anak, yang sudah pasti menarik dan disukai si kecil. Biasanya gambar yang muncul sudah berbentuk tiga dimensi, namun ada juga gambar yang harus dirangkai atau dibentuk terlebih dahulu oleh si kecil, supaya gambar muncul dengan baik dan sesuai dengan cerita yang tengah dibaca.

Baca Juga: 5 Alasan Membaca Bersama Anak Itu Penting

Dengan variasi harga yang cukup terjangkau, juga cara mendapatkannya yang mudah, buku pop-up kini makin digemari oleh para Bunda di Indonesia, Bun. Apalagi, manfaat yang bisa didapat dari buku ini tak main-main, karena itulah, Bunda tak perlu ragu untuk mengenalkan buku pop-up pada si kecil, ya!

Berbagai Macam Buku Pop-up dapat Bunda Beli di Toko Buku Offline maupun Online | Shutterstock

Menumbuhkan minat baca

Psikolog dan penulis buku anak, Frank J. Sileo, Ph.D mengatakan, buku pop-up dapat membuat anak yang enggan membaca jadi lebih bersemangat membolak-balikkan halaman buku. Apalagi jika Bunda maupun Ayah ikut berpartisipasi saat si kecil membaca buku. Dengan membacakan buku pop-up, si kecil juga dilatih untuk menyimak cerita dengan baik.

Membentuk kebiasaan membaca si kecil menjadi hobi

Dengan terbiasa membaca buku pop-up, lama kelamaan hal ini akan menjadi kebiasaan bahkan hobi atau kegemaran si kecil, Bun. Semakin ia tumbuh dewasa, ia juga akan mulai beralih untuk membaca cerita yang sesuai dengan usianya.

Baca Juga: Jadikan Membaca Sebagai Kebiasan, Ini 6 Tipsnya

Melatih eksplorasi dan kreativitas

Anak-anak yang sejak kecil mengenal buku pop-up, maka akan terbiasa mengeksplorasi juga mengimajinasikan cerita yang didengar atau dibacanya, untuk kemudian mengeksplorasinya menjadi beberapa hal menarik untuk dibahas atau ditanyakan pada Bunda dan Ayah.

Membacakan Buku Apapun akan Memberi Banyak Manfaat untuk Perkembangan Kognitif dan Mental Anak | Shutterstock

Memudahkan si kecil memahami cerita dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Dengan menggunakan buku pop-up, Bunda tak perlu takut si kecil gagal memahami cerita dan pesan yang terkandung di dalamnya. Buku pop-up merupakan alat bantu yang akan memperjelas maksud cerita, sehingga si kecil mudah memahami unsur-unsur cerita dan nilai-nilai yang ingin diutarakan oleh penulis, Bun.

Baca Juga: 6 Cara Agar Anak Gemar Membaca

Bagaimana, Bun, cukup menarik? Bagi Bunda yang bingung mau membelikan buku apa untuk si kecil yang masih berusia dini, atau bingung bagaimana caranya menarik antusias si kecil dalam membaca, Bunda dapat mencoba buku pop-up, ya. Dijamin si kecil akan antusias dan minta dibacakan lagi dan lagi, deh. Selamat mencoba, Bunda!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela