You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Rekomendasi Buku Anak Berkualitas untuk Usia 8 Tahun ke Atas

author
Ruth Sinambela
Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:58 WIB
Menanamkan kegemaran membaca pada anak harus dilakukan sedini mungkin | Shutterstock

Memilih buku berkualitas untuk si kecil, khususnya yang masih duduk di sekolah dasar tentu menjadi tantangan sendiri ya, Bun. Selain Bunda harus memperhatikan isi dan kualitas buku, Bunda juga wajib menanyakan pendapat si kecil dan memperhatikan pilihan buku bacaan yang sesuai dengan selera atau minatnya.

Hal ini menjadi sangat penting karena dengan begitu si kecil jadi lebih semangat membaca buku yang Bunda belikan sampai selesai. Berikut ini beberapa rekomendasi buku bacaan atau buku cerita anak yang cocok untuk si kecil berusia 8 tahun ke atas, Bun!

Baca Juga: Buku Pop-Up Sebagai Media Belajar Anak yang Penuh Manfaat

Angin dari Tebing

Buku cerita anak karangan penulis buku best seller, Clara Ng, ini menceritakan tentang tiga belas anak yang berkumpul setiap pagi di sekolah kecil di atas tebing dengan guru mereka, Ibu Sheila. Ibu Sheila dan ketiga belas muridnya memiliki banyak kisah yang menarik dengan karakter berbeda pada masing-masing anak, juga setiap nilai kebaikan di dalam diri mereka, Bun.

Dicetak dengan font berukuran besar, si kecil tak akan memerlukan banyak waktu untuk membacanya sampai selesai. Apalagi ilustrasi di dalam buku, yang merupakan karya Yustina Antonio ini sangat bagus dan hangat, si kecil pasti akan menyukainya!

Misteri Hilangnya Pangeran Oleomargarin

Buku cerita anak berlatar tahun 1879 ini merupakan salah satu karya penulis besar dunia, Mark Twain, sedangkan ilustrasi unik di dalam buku merupakan buah tangan pasangan ilustrator Philip dan Erin Stead.

Menariknya, cerita di dalam buku merupakan kumpulan cerita yang biasa Mark Twain ceritakan pada keempat anaknya setiap malam, Bun. Cerita “aneh” penuh imajinasi yang disajikan bersama ilustrasi berkualitas di dalam buku ini akan sangat baik untuk mengasah imajinasi si kecil.

Misteri Hilangnya Pangeran Oleomargarin | Davekoe Books

Totto Chan, Gadis Cilik di Jendela

Sebagian Bunda mungkin sudah pernah membaca buku Totto Chan, yang merupakan buku best seller karya penulis asal Jepang, Tetsuko Kuroyanagi ini.

Setiap kisahnya merupakan pengalaman hidup penulis sendiri ketika kecil, Bun. Dengan bahasa yang mudah dimengerti, penulis menuliskan kisah-kisah menarik, lucu, menghangatkan hati, dan mengharukan, satu-persatu hingga klimaks di akhir buku.

Pengalaman-pengalaman Totto Chan, anak yang masih duduk di kelas 1 SD ini, akan membawa kepolosan juga keceriaan yang menghangatkan pembacanya dan tentunya menarik untuk si kecil di rumah.

Baca Juga: 6 Ide Buku Sebagai Hiasan Ruangan

Smurf Tales, Bind Up

Buku berisi kumpulan kisah lucu dan imajinatif dari Smurf ini sangat cocok untuk si kecil yang lebih menyukai buku dengan lebih banyak ilustrasi daripada tulisan, Bun. Meski demikian bukan berarti buku Smurf Tales tidak menyuguhkan kisah yang berkualitas.

Seperti telah Bunda ketahui, kisah Smurf sendiri selalu menarik untuk disimak apalagi tokoh-tokohnya sangat lucu dan unik dengan berbagai pengalaman yang juga unik dan imajinatif. Tidak diragukan lagi, si kecil pasti akan tertarik untuk membacanya sampai selesai!

Totto Chan, Gadis Cilik di Jendela | Gramedia

Le Petit Prince atau Pangeran Cilik

Buku klasik karya penulis ternama dunia, Antoine De Saint-Exupery ini wajib menjadi salah satu buku yang harus si kecil baca, Bun.

Selain kisahnya yang menarik dengan segala nilai-nilai kebaikan di dalamnya, Le Petit Prince juga akan mengembangkan kemampuan imajinasi si kecil dengan membayangkan setiap kisah, tokoh, serta lokasi yang diceritakan di dalam cerita.

Apabila si kecil lebih menyukai buku dengan lebih banyak ilustrasi, Bunda bisa mencari Le Petit Prince versi lebih sederhana untuk anak-anak, dimana ilustrasinya pun akan lebih banyak juga dengan warna-warna cerah!

Angin dari Tebing | Gramedia

Kecil-Kecil Punya Karya

Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK) memiliki banyak sekali judul buku dengan berbagai cerita dari penulis yang berbeda pula, Bun. Hebatnya, KKPK memang dikhususkan sebagai wadah bagi anak-anak atau penulis cilik Indonesia yang ingin menerbitkan karyanya.

Dengan diterbitkannya KKPK, Mizan sebagai penerbit ingin memberi dukungan bagi anak-anak Indonesia yang mencintai literasi dan tentunya berbakat di dunia literasi, untuk mengembangkan bakatnya!

Baca Juga: Pentingnya Membacakan Anak Buku, Ini 6 Tipsnya

Karena penulisnya merupakan anak-anak, maka sudah pasti isinya akan sangat relate dengan dunia anak sehingga sangat cocok untuk dijadikan bacaan anak. Selain itu dengan membeli buku KKPK berarti Bunda telah ikut mendukung kreatifitas anak-anak Indonesia khususnya di dunia literasi. Yuk, segera ajak si kecil ke toko buku dan pilih judul yang paling menarik minatnya, Bun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi