We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Tips Gunakan Minyak Telon agar Manfaatnya Maksimal untuk si Kecil!

author
Ruth Sinambela
Senin, 25 September 2023 | 10:00 WIB
Minyak telon memberikan kehangatan pada bayi jika digunakan tidak berlebihan. | Shutterstock

Minyak telon adalah salah satu produk perawatan bayi yang telah lama digunakan oleh para ibu di berbagai belahan dunia. Minyak telon terbuat dari campuran berbagai jenis minyak esensial, seperti minyak kelapa, minyak biji pala, minyak kayu manis, minyak cengkeh, dan minyak zaitun. 

Penggunaannya dilakukan dengan mengoleskan minyak pada tubuh bayi, khususnya pada bagian perut, dada, dan punggung. Aromanya yang wangi dan kehangatannya yang pas atau tidak terlalu panas untuk kulit bayi menjadi salah satu alasan para ibu suka sekali menggunakan minyak telon, Bun. Belum lagi minyak telon sekarang ini juga ampuh mengusir nyamuk dari si kecil, lho. 

Namun tak hanya itu, masih banyak lagi manfaat minyak telon yang baik untuk si kecil. Seperti beberapa manfaat berikut ini!

Menghangatkan tubuh bayi

Pada saat baru lahir, si kecil belum memiliki kemampuan mengatur suhu tubuh seperti orang dewasa. Penggunaan minyak telon dapat membantu menghangatkan tubuh, terutama ketika digunakan bersama pijatan ringan setelah mandi atau sebelum tidur.

Mengurangi kolik dan perut kembung

Salah satu manfaat utama minyak telon adalah membantu mengurangi gejala kolik dan perut kembung pada bayi. Kandungan minyak cengkeh dan minyak kayu manis dalam minyak telon dapat membantu meredakan kram perut dan membantu melancarkan peredaran udara di dalam perut bayi hingga membantu mengurangi ketidaknyamanan dan menenangkan bayi yang rewel akibat perut kembung.

Gunakan minyak telon saat bayi mengalami sakit perut atau kolik. | Shutterstock

Meningkatkan kualitas tidur

Minyak telon juga diyakini membantu meningkatkan kualitas tidur bayi, Bunda. Aroma lembut dari minyak kelapa dan minyak zaitun dalam minyak telon dapat memberikan efek relaksasi pada bayi, sehingga membantu bayi merasa lebih tenang dan mudah tertidur.

Baca juga: 5 Faktor yang Bisa Menyebabkan Bayi Newborn Sulit Tidur

Mengusir nyamuk dan serangga

Beberapa jenis minyak esensial dalam minyak telon, seperti minyak cengkeh dan minyak kayu manis, memiliki sifat anti serangga. Karena itulah penggunaan minyak telon dapat membantu melindungi bayi dari gigitan nyamuk dan serangga, terutama saat berada di luar ruangan.

 

Meredakan batuk dan pilek

Minyak telon juga dapat membantu meredakan gejala batuk dan pilek pada bayi. Aroma dari minyak biji pala dalam minyak telon dapat membantu melegakan saluran pernapasan bayi dan memudahkan mereka untuk bernapas dengan lebih lega.

Baca juga: Bolehkah Ubun-Ubun Bayi Dioles Minyak Telon?

Tips mengaplikasikan minyak telon yang aman untuk bayi

  • Pilih minyak telon yang berkualitas baik dan telah lulus uji keamanan
  • Amati reaksi kulit bayi selama beberapa jam atau lebih setelah menggunakan minyak telon. Jika muncul tanda-tanda iritasi atau alergi, hentikan penggunaan dan segera konsultasikan dengan dokter.
  • Jangan mengoleskan minyak telon di area sensitif, seperti mata, mulut, atau wajah.
  • Hanya gunakan minyak telon pada bagian tubuh yang aman seperti perut, dada, punggung, dan kaki.
  • Minyak telon sangat berkonsentrasi, jadi gunakanlah secukupnya atau sedikit saja ya, Bun.
  • Jangan menggunakan minyak telon saat bayi sedang mengalami masalah kulit, seperti eksim, ruam, atau luka terbuka.
  • Minyak telon hanya boleh digunakan untuk penggunaan luar.
  • Pastikan minyak telon disimpan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan bayi.
  • Minyak telon sebaiknya hanya digunakan sebagai pelengkap dalam perawatan bayi ya, Bun.

Minyak telon dapat memberikan manfaat bagi bayi. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan produk apapun pada bayi, terutama jika bayi memiliki masalah kesehatan tertentu, khususnya masalah kulit yang sensitif.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi