To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Sebelum Menikah, 5 Hal Ini Wajib Diobrolin Bareng Pasangan

author
Claudia Tari Aplabatansa
Senin, 11 September 2023 | 10:00 WIB
Obrolan pranikah penting gak sih untuk kehidupan rumah tangga kedepan? || Shutterstock |

 

Dalam menjalin suatu hubungan, tentu semua orang mendambakan hubungan yang akan sampai pada jenjang yang lebih serius, yakni pernikahan. Pernikahan yang dibayangkan tentu rumah tangga yang bahagia, damai, saling sayang satu dengan yang lain, dan langgeng selamanya.

Namun sebelum memutuskan untuk menikah, ada hal-hal tertentu yang wajib dibahas oleh pasangan, yang akan bermanfaat bagi kehidupan rumah tangga selanjutnya.

Gary Chapman dalam buku Things I Wish I'd Known Before We Got Married, mengatakan, "Hanya berada dalam cinta tidak cukup untuk membangun pernikahan yang sukses. Cinta pada tahap awal (gejolak) memang tidak boleh diabaikan karena merupakan bagian penting yang mempersatukan dua orang, tetapi bukanlah segalanya."

Baca juga: 7 Red Flag yang Wajib Diwaspadai dalam Pernikahan

Komunikasi dengan kesadaran penuh (midfulness) menjadi salah satu cara jitu untuk menyatukan hubungan. Maka suatu keharusan bagi tiap pasangan untuk membicarakan beberapa hal penting seputar pranikah dalam rangka membangun pemahaman, kepercayaan, dan kesiapan bagi calon pasangan.

5 Topik Penting dalam Obrolan Pranikah

Beberapa topik yang wajib dibicarakan dalam obrolan pranikah antara calon suami dan istri meliputi:

1. Nilai dan keyakinan

Diskusikan nilai-nilai, keyakinan, dan prinsip hidup masing-masing lebih dalam. Ini mencakup hal-hal seperti kebiasaan apa yang akan ditanamkan dalam kehidupan pernikahan nanti dan etika seperti apa yang akan diberlakukan. Memahami perbedaan dan kesamaan dalam hal ini akan membantu menghindari konflik di masa depan.

2. Perencanaan keuangan

Bicarakan tentang keuangan, termasuk pengeluaran, tabungan, utang, apakah tetap ada keuangan masing-masing atau menjadi digabung, dan rencana investasi. Buatlah rencana keuangan bersama untuk mengelola uang secara bijaksana, serta cara mengatasi masalah keuangan.

3. Peran dalam rumah tangga

Bicarakan tentang harapan dan peran dalam rumah tangga, seperti pembagian tugas dan tanggung jawab rumah tangga, perawatan anak, dan peran dalam mendukung karier satu sama lain.

Apabila dari awal tidak ada obrolan || Shutterstock |

4. Komunikasi dan penyelesaian konflik

Diskusikan tentang gaya komunikasi masing-masing dan bagaimana mengatasi konflik. Penting untuk belajar bagaimana berbicara secara terbuka dan jujur, serta memiliki strategi untuk menyelesaikan perbedaan pendapat dengan baik.

5. Tujuan dan aspirasi

Bicarakan tentang tujuan jangka pendek dan panjang, baik itu karier, pendidikan, keluarga, atau hal-hal lain yang ingin dicapai sebagai pasangan dalam hidup berumah tangga. Memahami ambisi masing-masing akan membantu mendukung dan mendorong pertumbuhan satu sama lain.

Baca juga: 5 Ciri Utama Pernikahan Sehat

Ingatlah bahwa pernikahan adalah tempat belajar yang memerlukan komitmen dan kerja sama. Berbicaralah tentang semuanya secara jujur dan terbuka, dan pastikan bahwa calon pasangan memiliki pemahaman yang baik tentang harapan masing-masing sebelum memutuskan untuk menikah.

 

 

Sumber:

https://www.bridestoday.in/weddings-and-planning/story/5-important-things-you-must-discuss-with-your-partner-before-getting-married-578467-2023-06-10

https://www.hitched.co.uk/wedding-planning/organising-and-planning/what-to-discuss-before-marriage/

https://www.ibupedia.com/artikel/keluarga/11-topik-diskusi-yang-dapat-dilakukan-dengan-pasangan-sebelum-menikah

https://www.fimela.com/relationship/read/4938568/9-hal-penting-yang-perlu-dibahas-sebelum-menikah-bersama-pasangan

Penulis Claudia Tari Aplabatansa
Editor Ratih Sukma Pertiwi