You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

6 Perubahan di Wajah Pertanda Gangguan Kesehatan

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 24 Oktober 2018 | 17:43 WIB
SHUTTERSTOCK |

Saat bercermin, coba cermati wajah kamu. Adakah sesuatu yang berbeda? Perubahan di bagian wajah bisa menjadi pertanda adanya ganguan kesehatan.

1. Kulit dan Mata Kuning

Pada bayi usia di bawah 38 bulan ini merupakan hal wajar. Pasalnya, liver bayi belum cukup matang untuk bekerja maksimal.

Pada orang dewasa, kondisi ini bisa mengindikasikan penyakit serius seperti hepatitis, gangguan pada liver, pankreas, atau terlalu banyak konsumsi alkohol.

2. Bibir Kering dan Pecah

Bibir pecah biasa terjadi, misalnya saat berada di daerah dingin. Biasanya balsam bibir dipakai untuk mencegah bibir kering atau pecah.

Namun, bibir kering atau pecah menjadi pertanda adanya masalah kesehatan, misalnya dehidrasi atau reaksi alergi.

Baca Juga: Kulit Kering dan Kulit Kekeringan, Ini Perbedaannya

3. Ruam Kupu di Pipi

Kebanyakan ruam tidak serius dan akan membaik dengan sendirinya. Namun, jika yang muncul adalah ruam pada kedua sisi pipi dengan bentuk menyerupai kupu-kupu, sebaiknya hati-hati.

Bisa jadi, itu merupakan gejala penyakit lupus. Lupus merupakan penyakit dimana sistem kekebalan tubuh menyerang organ dan jaringan tubuh sendiri.

4. Rambut Tumbuh Tidak Pada Tempatnya

Rambut tumbuh di sekitar telinga, alis, atau sekitar dagu bisa jadi sesuatu yang wajar. Namun, pada wanita muda, rambut yang tumbuh di wajah bisa jadi merupakan tanda sindrom ovarium polikistik, yaitu kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita usia subur.

5. Kelopak Mata Turun

Bisa merupakan gejala kondisi yang disebut ptosis atau blepharoptosis. Ini bisa terjadi pada sebelah mata atau kedua belah mata. Pada kasus ekstrem, kantung mata bisa menutupi penglihatan.

Kebanyakan kondisi ini tidak berbahaya, namun bisa jadi ini merupakan tanda adanya masalah pada otak, saraf, atau rongga mata.

6. Alis dan Bulu Mata Rontok

Alis dan bulu mata rontok, diikuti munculnya pitak di kepala? Ini bisa merupakan tanda alopecia areata. Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Isna Triyono