Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

5 Tips Jitu Hadapi Pasangan Pencemburu

author
Isna Triyono
Jumat, 26 Oktober 2018 | 09:11 WIB
Ilustrasi Pasangan | SHUTTERSTOCK

Apa yang sebaiknya kamu lakukan jika pasangan termasuk tipe pencemburu?

 

Cemburu tanda sayang. Kalimat itu pasti familiar di telinga kamu, kan? Cemburu memang biasanya didasari atas rasa takut kehilangan pasangan atau enggak mau pasangan lebih dekat dengan orang lain.

Jika pasangan kamu cemburuan, sisi baiknya, ia pasti sayang dan enggak mau kehilangan kamu. Tapi agar rasa cemburu enggak berlarut-larut dan menimbulkan pertengkaran, berikut tips menghadapi pasangan yang suka cemburuan.

1.Selalu terbuka

Cemburu bisa timbul karena curiga. Oleh karena itu, sebaiknya selalu bersikap terbuka pada pasangan. Misalnya soal rencana aktivitas kamu seharian, pergi dengan siapa dan ke mana. Memang, sih, terdengar merepotkan, tetapi pasangan juga berhak tahu apa saja aktivitas kamu. Ini akan membantu menghilangkan rasa cemburu.

2.Ajak Bergabung

Sesekali ajak pasangan hang out bareng dengan teman-temanmu. Atau jika kamu punya komunitas, ajak pasangan bergabung dan kenalkan pada teman-teman kamu. Dengan begitu, pasangan akan merasa aman jika kamu main atau berkumpul bersama mereka.

3.Jangan Marah

Jika pasangan sedang cemburu, jangan langsung buru-buru marah dan defensif. Biarkan ia mengungkapkan alasan ia cemburu. Lalu, jelaskan semuanya. Karena orang yang sedang dilanda cemburu memang perlu mengeluarkan perasaannya. Ingat, cemburu artinya ia sayang kamu, kan?

4.Ungkapkan Perasaan Sayang

Biarkan pasangan tahu bahwa kamu juga sayang dan enggak mau kehilangan dia. Kamu bisa mengutarakannya dengan kata-kata, memberi hadiah, atau sekadar perhatian dan waktu luang yang dihabiskan berdua.

5.Hindari yang Bikin Cemburu

Kenali hal apa saja yang membuat pasangan cemburu. Jika bisa, hindari. Namun jika memang tidak bisa, misalnya pasangan cemburu karena kamu terlalu asyik dengan hobi kamu, jelaskan baik-baik soal kesukaan kamu itu dan libatkan ia agar bisa merasakan juga hobi kamu.

Penulis Isna Triyono
Editor Hasto Prianggoro