I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

5 Penyebab Kulit Wajah Cepat Keriput

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 29 Oktober 2018 | 16:49 WIB
SHUTTERSTOCK |

Usia muda bukan jaminan kulit wajah tidak cepat keriput. Perawatan kulit wajah yang tepat merupakan kunci menjauhkan tanda penuaan ini. Tapi sebelumnya ketahui dulu apa saja penyebab kulit wajah cepat keriput, yuk.

1. Sinar Matahari

Faktor ini menjadi penyebab nomer satu datangnya keriput dini. Kuncinya, selalu oleskan sunscreen pada wajah saat beraktivitas outdoor. Bagaimana saat di dalam ruangan atau di dalam mobil? Kamu tetap wajib mengoles sunscreen dan ulangi per dua jam atau saat berkeringat. Sebab ternyata sinar matahari dapat menembus kaca gedung atau kendaraan.

Konsumsi makanan kaya vitamin antioksidan atau skincare yang mengandung retinoic acid dipercaya bisa membantu memperbaiki tekstur kulit.

Baca Juga: Kulit Kering dan Kulit Kekeringan, Ini Perbedaannya

2. Kurang Cairan

Kulit yang kekurangan cairan bisa lebih cepat keriput, lo. Jadi jangan lupa penuhi kebutuhan air setiap harinya lewat air putih, sayuran atau buah-buahan yang mengandung banyak air seperti jeruk, kiwi, semangat, tomat, pepaya, selada, labu.

3. Pola Hidup

Misalnya saat melakukan diet ketat tubuh bisa kekurangan nutrisi dan memicu kulit cepat menua. Selain itu kebiasaan buruk seperti minum minuman beralkohol atau kafein berlebih, kurang tidur, merokok atau stres juga bisa berdampak pada kesehatan kulit wajah.

Segera perbaiki pola hidup menjadi lebih sehat dan seimbang dengan olahraga teratur, istirahat cukup, dan menyantap makanan bernutrisi.

4. Kosmetik

Kosmetik diperlukan untuk membuat tampilan lebih baik. Namun jika salah pilih justru bisa berdampak buruk bagi kulit kita. Maka sebelum mencoba suatu produk kosmetik, pastikan itu cocok untuk jenis dan keluhan kulit kamu. Coba deh, baca reviewnya atau tanyakan kepada yang pernah mencobanya.

Baca Juga: 5 Jenis Bunga untuk Kecantikan Kulit

5. Genetik

Faktor genetik ternyata berperan dalam proses penuaan dini seseorang. Jadi coba deh kamu selidiki apakah ada keluargamu yang mengalami early aging. Jika ada, segera cegah dengan tips-tips tadi, ya.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Isna Triyono