You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

7 Tips Mengurangi Rasa Takut Naik Pesawat

author
Isna Triyono
Jumat, 2 November 2018 | 16:39 WIB
| SHUTTERSTOCK

Meski faktanya pesawat adalah akomodasi paling aman, namun tetap saja banyak yang takut naik pesawat.

Berita soal kecelakaan pesawat Lion Air JT 610, Senin (29/10) lalu sedikit banyak membuat orang menjadi takut naik pesawat. Padahal menurut Laporan Asosiasi Transportasi Udara Internasiona (IATA) 2016, kecelakaan penerbangan terjadi satu di antara 2,86 juta penerbangan.

Angka ini jauh lebih kecil dibanding jumlah kecelakaan mobil, yang bisa memakan korban 1 banding 5000. Meski begitu, tetap saja banyak orang yang takut naik pesawat.

Baca juga: Kapan Bayi Boleh Dibawa Bepergian?

Nah, untuk kamu yang selalu dihinggapi rasa takut dan cemas menjelang naik pesawat, trik berikut ini layak dicoba untuk mengurangi ketakutan itu.

1. Batasi Update Berita Soal Kecelakaan Pesawat

Meski belakangan ini hampir semua media memberitakan soal kecelakaan pesawat, usahakan untuk tidak terlalu update berita soal tersebut. Menjelang keberangkatanmu menggunakan pesawat, lebih baik ‘bersihkan’ pikiran dari bayang-bayang buruk.

2. Cari Informasi dan Fakta Soal Pesawat

Rajin-rajinlah mencari informasi soal penerbangan dan fakta soal keselamatan pesawat. Setelah mengetahui fakta dan informasi soal keselamatan pesawat, biasanya pikiran buruk soal kecelakaan akan mereda.

3. Beri Tahu Awak Kabin

Jangan sungkan untuk memberi tahu awak kabin. Biasanya pramugari sudah sering menghadapi penumpang seperti itu dan tahu cara menenangkannya.

4. Pilih Kursi di Bagian Depan

Sudah menjadi rahasia umum jika kursi di bagian depan tidak akan terlalu merasakan goncangan saat turbulensi. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih tenang.

5. Perhatikan Instruksi Awak Kabin

Sebelum take off, awak kabin selalu memperagakan informasi penting soal prosedur keselamatan. Perhatikan baik-baik di mana letak pelampung, cara memakainya, dan letak pintu darurat.

| SHUTTERSTOCK

Baca juga: Sebelum Traveling ke Korea Ketahui 9 Tradisi Ini

6. Bawa Barang Kesukaan

Misalnya kamu suka ngemil, bawa beberapa makanan ringan yang bisa mengalihkan perhatian dan rasa takut kamu di pesawat. Bawa juga sweater, buku bacaan, atau mendengarkan musik.

7. Pikirkan Soal Serunya Liburan Kamu

Penuhi pikiran dengan semangat liburan dan banyak kegiatan seru di destinasi wisata yang kamu pilih nanti.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Hasto Prianggoro