You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Cermin, Mulai dari Barang Mistis Hingga Pelengkap Kecantikan

author
Isna Triyono
Minggu, 4 November 2018 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Benda kecil ini tampaknya sepele namun sangat penting bagi kita. Bayangkan jika dalam kehidupan kita tidak ada cermin. Apalagi bagi perempuan, tentu akan kesulitan untuk berdandan, kan?

Cermin juga banyak ditemui di setiap rumah, mal, atau apartemen. Tapi kamu tahu enggak, sih, cermin pertama itu bentuknya seperti apa?

Nah, berikut ini ada fakta-fakta menarik tentang cermin, mulai dari ditemukan hingga kini bisa selalu ada di dalam tas kamu.

1. Cermin Pertama

Cermin pertama di dunia ditemukan pada zaman Romawi Kuno. Namun sebenarnya, cermin pertama ini adalah air. Atau lebih tepatnya kolam kecil atau wadah gelap berisi air. Orang-orang pada zaman Romawi Kuno terbiasa bercermin di atas air.

Baca juga: Fun Facts Yang Belum Kamu Tahu Soal Marissa Anita

2. Mitologi Kuno

Dalam mitologi kuno, penemuan cermin air ini punya cerita menyedihkan. Yaitu seorang bernama Narcissus melihat bayangan wajahnya sendiri di permukaan air dan sangat mengagumi ketampanannya. Saking cintanya pada bayangan wajahnya sendiri, Narcissus betah berlama-lama di dekat kolam air tanpa makan dan minum. Hingga akhirnya ia meninggal di pinggir kolam tersebut.

3. Terbuat dari Logam

Setelah mengetahui banyak manfaat cermin, orang-orang yang hidup di tahun 6000 SM mulai membuat cermin dari kaca vulkanik yang dipoles hingga halus. Cermin kuno juga banyak terbuat dari logam dan memiliki bentuk bulat. Sisi belakang cermin kuno dihiasi ornamen indah.

4. Barang Mewah

Pada abad ke-16, Venesia, Italia menjadi pusat pembuatan cermin. Sebuah pabrik cermin yang disebut Saint-Gobain lalu didirikan di Perancis. Saat itu cermin masih merupakan barang mewah yang mahal dan hanya orang yang sangat kaya yang bisa memilikinya.

5. Ritual Mistis

Masih di abad ke-16, cermin menjadi bagian dari ritual mistis. Selain itu, selama 200 tahun, cermin digunakan oleh mata-mata Spanyol dan Peracis untuk pengkodean dan pesan rahasia. Sistem pengkodean rahasia ini diperkenalkan oleh Leonardo da Vinci.

Baca juga: Begini Caranya Bikin Smoothie yang Baik Untuk Diet Keto, Plus 4 Minuman Lainnya

6. Barang Wajib Perempuan

Pada abad ke-12, tidak ada perempuan terhormat yang meninggalkan rumahnya tanpa cermin kecil. Cermin kecil sudah menjadi barang wajib bagi setiap perempuan. Cermin diperlakukan seperti perhiasan berharga, dibalut dengan bahan eksotis seperti cangkang kura-kura atau tulang gajah. Beberapa cermin juga didesain dengan lapisan emas atau perak dan dihiasi ukiran yang elegan.

SHUTTERSTOCK |

7. Tahayul

Tahayul soal cermin masih dipercayai oleh beberapa orang hingga saat ini. Misalnya jika kamu memecahkan cermin maka kamu akan memiliki nasib buruk selama tujuh tahun. Atau jika cermin di rumah jatuh dan pecah, maka aada peristiwa buruk yang akan terjadi di keluarga itu.

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi