To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Cara Mudah Bikin CV yang Menarik HRD

author
Isna Triyono
Senin, 5 November 2018 | 14:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

CV adalah kesempatan kamu untuk mempromosikan diri. Diperlukan CV yang menarik dan kreatif untuk menarik perhatian HRD.

Tanpa kamu sadari persaingan mencari pekerjaan sudah dimulai ketika kamu mengirimkan curriculum vitae (CV). Karena itu, untuk membuat CV haruslah kreatif dan semenarik mungkin.

Kamu bisa mengikuti tips berikut ini agar mudah bikin CV yang menarik perhatian HRD.

Baca juga: Sahabat Jadi Bos di Kantor, Bagaimana Harus Bersikap?

1. Pahami Isi CV keseluruhan

Meski CV harus kreatif dan menarik, tapi point yang pertama tetaplah isi CV harus lengkap dan jelas. Pahami isi CV secara kesuluruhan, mulai dari informasi data pribadi, kualifikasi diri, pencapaian prestasi, serta pengalaman yang menunjang pekerjaan yang kamu lamar.

2. Menjual

Pada dasarnya, CV adalah kesempatan untuk ‘menjual’ diri kamu agar orang HRD memilih kamu sebagai calon karyawan. Pilihlah kata-kata atau kalimat yang menarik, misalnya ‘Saya adalah orang mudah beradaptasi, cepat belajar, dan berdedikasi tinggi.’

3. Desain Minimalis dan Jelas

Pilih desain yang minimalis dan bisa menunjang informasi soal data diri dan kualifikasi kamu. Jangan sampai saking ingin membuat CV yang ‘menonjol’, kamu mendesain terlalu berlebihan dan justru membuat bingung saat dibaca.

Baca juga: Ini 8 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Karyawan Milenial

4. Manfaatkan Aplikasi

Saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan custom desain membuat CV. Kamu bisa memanfaatkannya namun tetap saja harus diberi sentuhan pribadi. Karena besar kemungkinan orang HRD juga sudah pernah melihat template yang kamu gunakan. Jadi, cobalah untuk memodifikasinya.

5. Baca Ulang

Meski sudah membacanya, tetaplah untuk membaca CV yang sudah jadi berkali-kali. Karena typo atau salah ketik juga bisa mengurangi nilai di mata HRD. Jika perlu, minta orang lain untuk membaca dan memeriksanya agar tidak ada typo yang terlewat atau setidaknya mendapat pendapat lain soal desain CV kamu.

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi