I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Tips Naik Pesawat Bersama Bayi ala Marissa Nasution

author
Isna Triyono
Minggu, 11 November 2018 | 08:00 WIB
INSTAGRAM |

Hampir setiap bulan Marissa Nasution mengajak bayinya Allie untuk terbang antara Jakarta-Singapura. Dan semuanya berjalan lancar. Apa aja tipsnya terbang bersama bayi?

Setelah menikah dan punya anak, Marissa Nasution rutin melakukan penerbangan Jakarta – Singapura. Sang suami berdomisili dan bekerja di Singapura. Sementara Marissa juga masih aktif di dunia entertainmet di Jakarta.

Hebatnya, bolak-balik Jakarta – Singapura dengan pesawat tetap ia lakukan saat punya anak, Alaia Moana (5 bulan). Marissa mengajak Allie pergi dengan pesawat pertama kali saat Allie berusia 8 bulan. Dan semua berjalan lancar tanpa kendala berarti.

Marissa pun membagikan tips naik pesawat dengan bayi baru lahir, seperti yang ia bagikan di website miliknya, lamamatropicana.com.

1. Ganti popok bayi sebelum penerbangan.

INSTAGRAM |

2. Susui bayi saat pesawat take off. Jika bayi menolak disusui, beri pacifier sementara.

INSTAGRAM |

3. Pilih kursi di bagian depan saat di counter check in.

4. Marissa lebih suka meminta kursi dekat jendela karena lebih privacy saat menyusui Allie.

INSTAGRAM |

5. Untuk penerbangan pertama Bunda dan bayi, kenyamanan menjadi utama. Menghabiskan uang ekstra demi kenyamanan ekstra, enggak masalah kan?

Baca juga: Sebelum Traveling ke Jepang Ketahuilah 9 Tradisi Ini

6. Packing seringan dan seefisien mungkin (meskipun lebih mudah diucapkan daripada dilakukan). Kamu akan membawa lebih banyak barang untuk keperluan bayi. Jadi, kurangi barang bawaan pribadi.

INSTAGRAM |

7. Kebanyakan maskapai akan mengizinkan kamu membawa cairan seperti susu jika itu untuk keperluan bayi. Tapi kalau enggak yakin, kamu bisa mengemas susu ke dalam botol namun pastikan enggak lebih dari 100 ml.

8. Jika khawatir bayi enggak nyaman dengan suara bising pesawat, bawalah earmuff atau penutup telinga yang bisa dibeli dengan mudah di baby shop.

INSTAGRAM |

9. Terbang bersama pasangan atau teman lebih baik karena bisa berbagi ketegangan bersama.

10. Yang paling penting, bunda tidak panik selama penerbangan. Karena bunda yang santai, suasana hatinya pun ikut santai. Dan ini yang dibutuhkan untuk kenyamanan bayi.

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi