You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

7 Cara Rawat Payudara Bumil Agar ASI Lancar

author
Isna Triyono
Selasa, 13 November 2018 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Merawat dan membersihkan payudara selama kehamilan sangat penting. Bukan saja untuk kesehatan ibu sendiri, tetapi juga demi kelancaran ASI.

Payudara yang rutin dirawat selama kehamilan akan terjaga kebersihannya dan juga lancar dalam memproduksi ASI.

Untuk merawatnya, cukup dilakukan sendiri di rumah. Tapi bagaimana cara merawat dan membersihkan payudara sendiri di rumah? Ikuti 7 cara berikut ini, ya.

Baca juga: 6 Aturan Olahraga Usai Melahirkan dan Saat Menyusui

1. Air Hangat

Gunakan air hangat dan kain lembut untuk membersihkan payudara. Air hangat berguna untuk merilekskan syaraf-syaraf di sekitar puting.

2. Jangan Menggunakan Sabun

Saat membersihkan payudara, cukup dengan air hangat saja. Jangan menggunakan sabun meski sabun bayi karena daerah puting menjadi lebih sensitif dan kandungan sabun akan meningkatkan risiko iritasi dan kekeringan pada bagian puting.

3. Minyak Kelapa atau Baby Oil

Saat hamil besar, biasanya bagian puting akan lebih kering. Gunakan minyak kelapa atau baby oil untuk melepaskan sisa kulit mati. Usapkan secara perlahan dan jangan dikelupas secara paksa. Oleskan minyak kelapa atau baby oil secara rutin agar kulit di sekitar puting menjadi lembut.

4. Pemijatan

Lakukan pemijatan pada payudara dengan gerakan memutar searah jarum jam, kemudian arah sebaliknya secara bergantian. Setelah itu, ganti gerakan dengan memijat dari arah bawah payudara ke arah puting. Gerakan ini untuk merangsang produksi ASI agar lebih lancar ketika sudah melahirkan nanti.

Baca juga: Ingin Cepat Punya Momongan? Ini 7 Cara Cepat Hamil

SHUTTERSTOCK |

5. Memijat Puting

Cukup pijat dengan gerakan seperti menjepit dengan ibu jari dan jari telunjuk. Lakukan gerakan ini secara berulang dan perlahan. Ini sangat berguna bagi ibu yang memiliki puting datar atau masuk. Jika dilakukan secara rutin maka bisa membuat puting menonjol keluar.

6. Senam Ringan

Lakukan senam ringan yang membuat otot-otot di sekitar payudara tertarik. Misalnya, pegang bahu dengan kedua tangan, lalu lakukan gerakan memutar hingga bagian dalam lengan memijat bagian payudara. Atau, kamu juga bisa merentangkan kedua tangan ke depan, lalu bawa ke arah samping, kemudian kembali ke arah depan.

7. Bra yang Pas

Saat hamil, ukuran payuddara pasti akan bertambah besar. Pakailah bra yang sesuai ukuran sehingga bisa membuat nyaman saat ibu bergerak. Bra yang terlalu sempit akan menimbulkan rasa tak nyaman dan sakit.

SHUTTERSTOCK |

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi