To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Cegah Alzheimer’s Dengan 7 Cara Ini

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 16 November 2018 | 10:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Pernahkah kamu bayangkan, di usia 60-an nanti kamu mulai lupa detail hal-hal tertentu, bingung, dan jadi suka marah-marah? Survei yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan, kebanyakan dari kita lebih takut kehilangan ingatan daripada terkena kanker.

Penyebab pasti Alzheimer memang belum diketahui. Berbagai faktor ditengarai menjadi penyebab penyakit yang satu ini, termasuk usia, faktor genetik, diet, dan masalah kesehatan lainnya. Juga, gaya hidup yang tidak sehat.

Bagaimana mencegah datangnya Alzheimer’s, berikut 7 caranya.

1.Olahraga Teratur

Olahraga akan menjaga jantung dan sistem vaskuler tetap sehat, dengan begitu pasokan darah ke seluruh tubuh pun berjalan lancar. Durasi yang disarankan adalah 30 menit jalan cepat 5 kali seminggu atau 20 menit jogging 3 kali seminggu.

| SHUTTERSTOCK

2.Jaga Berat Badan

Diet seimbang sangat penting untuk menjaga nilai Body Mass Index tetap terkontrol. Kelebihan berat badan akan meningkatkan risiko penyakit-penyakit seperti stroke, hipertensi, dan penyakit jantung. Penyakit-penyakit ini akan meningkatkan kemungkinan terserang Alzheimer.

3.Konsumsi 5 Porsi Sayur dan Buah 

Buah dan sayuran mengandung vitamin dan antioksidan yang akan melindungi otak.

Baca juga: Sering Lupa? Ikuti 6 Langkah Sederhana Ini

4.Berhenti Merokok

Merokok bisa merusak pembuluh darah di otak. Penelitian menunjukkan, para perokok dua kali lebih berisiko terkena berbagai penyakit ketimbang mereka yang tidak merokok.

| SHUTTERSTOCK

5.Hindari Stres

Studi menunjukkan, orang-orang yang diliputi stres di usia 50-an lebih berisiko mengalami demensia di usia lanjut. Meluangkan waktu untuk relaksasi menjadi cara terbaik membuang stres.

6.Otak Tetap Aktif

Para ahli mengatakan, mempelajari ilmu atau keahlian baru akan membantu meningkatkan kemampuan kognitif yang akan mencegah demensia. Latihan otak yang teratur memberikan dampak positif pada ingatan, misalnya tetap aktif menulis.

| SHUTTERSTOCK

7.Cek Gula Darah

Jantung dan aliran darah yang sehat sangat penting bagi otak. Jadi jangan lupa untuk selalu mencek tekanan darah dan kadar gula darah.

Baca juga: Gula Sebabkan Diabetes? Ini 8 Faktanya

| SHUTTERSTOCK

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi