Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Gadis Ini Membantu Pria Buta-Tuli Berkomunikasi di Pesawat

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 18 November 2018 | 10:00 WIB
| COURTESY OF ALASKA AIRLINES

Kisah Clara Daly, gadis 15 tahun yang membantu penyandang buta-tuli di pesawat beberapa lalu sempat viral. Jutaan netizen me-like kisah yang menyentuh itu di medsos.

 

Clara Daly, 15, dan ibunya pergi ke Calabasas, California, dengan penerbangan nonstop Boston-Los Angeles. Namun, karena penerbangan ditunda, Alaska Airlines memindahkan mereka ke pesawat lain yang transit di Portland, Oregon.

Di pesawat pindahan inilah Clara bertemu Tim Cook, 64. Cook, yang buta dan tuli, tak bisa berkomunikasi dengan kru pesawat. Penumpang lain, Lynette Scribner, melukiskan adegan keduanya di laman Fecebook miliknya, “Kru pesawat sebetulnya mau membantunya, tapi tak tahu cara berkomunikasi.”

Kru pesawat kemudian menanyakan ke penumpang, apakah ada di antara mereka yang bisa berbahasa isyarat. Clara, yang pernah setahun belajar bahasa isyarat, langsung menawarkan diri membantu.

Clara dan Cook pun “berdialog” selama sekitar 30 menit. Clara bercerita tentang sekolahnya dan neneknya di Boston, sementara Cook menceritakan masa kecilnya dan saudara perempuannya yang ternyata juga tinggal di Boston.

| LYNETTE SCRIBNER-FACEBOOK

“Rasanya kesepian banget hidup seperti Pak Cook, tak bisa melihat dan mendengar,” kata Clara.

Scribner, 56, yang sedang dalam perjalanan menuju Seaside, Oregon, dan duduk bersebelahan dengan Cook, lalu mengambil foto ketika Clara dan Cook berbincang-bincang.

“Selama berbincang, sesekali keduanya tertawa. Rasa frustasi Cook sepertinya terhapus oleh kehadiran Clara. Kelihatan banget dia sangat menikmati perbincangannya dengan Clara.”

Baca juga: Sebelum Meninggal, Mimpi Bocah Ini Jadi Petugas Damkar Terkabul

Seorang temannya kemudian meminta Scribner memposting adegan Clara dan Cook ke medsos. Dan tak lama setelah diunggah, postingan Scribner mendapat “like” sebanyak 1 juta dan dishare 600.000 kali.

“Saya sangat terpesona sekaligus terharu melihat kebaikan Clara,” kata Scribner. “Orang-orang butuh sesuatu yang menyentuh dan indah. Dan itulah yang terjadi.”

| COURTESY JANE DALY

Cook, yang tinggal di sebuah panti tuna rungu di Gresham, Oregon, Portland, bercerita ke stasiun televisi KGW bahwa ia sudah terbiasa kesepian. “Kata Helen Keller, orang-orang yang buta dan tuli adalah orang-orang yang paling kesepian di dunia,” kata Cook yang kehilangan penglihatan dan pendengaran ketika remaja.

Cook mengaku sangat senang bisa berbincang dengan Clara, dan merasa semangatnya kembali bangkit.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi