Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Merangsang Kreativitas Anak, Simak 6 Ide Aktivitasnya

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 14 Desember 2018 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Permainan atau aktivitas kreatif dan imajinatif membantu meningkatkan daya kreativitas anak. Untuk mengasah kreatvitas, Bunda bisa mengajak anak melakukan berbagai aktivitas kreatif yang fun. Apapun hasilnya, tetap beri anak penghargaan agar kepercayaan dirinya tumbuh sekaligus memberinya semangat supaya tetap berkreasi. Usahakan jangan membandingkan karya anak dengan karya anak lain, ya. Bun. Nah, berikut beberapa ide aktivitas kreatifyang bisa Bunda lakukan bersama buah hati.

1.Gunakan beberapa alat dan teknik sederhana untuk merangsang kreativitas. Misalnya, melukis, mengecat, membuat karya dari lempung (clay), memotret, atau membuat video. Bunda bisa meningkatkan teknik dengan cara menggabungkan aktivitas, misalnya membuat sebuah bentuk dari clay lalu memvideokannya.

2.Ajak anak memotret, lalu bikin cerita tentang foto-foto tersebut di atas kertas, atau mengunggah foto-foto tersebut menjadi cerita melalu aplikasi ringan atau media sosial.

| SHUTTERSTOCK

3.Ambil kardus bekas, lalu buat berbagai benda atau bentuk dengan kardus tersebut sesuai keinginan anak. Misalnya rumah, binatang, atau robot. Ini akan membuat anak belajar memotong, merekatkan permukaan kardus dengan lem, maupun mengecat benda hasil kreativitas yang sudah ia buat.

4.Gunakan rol bekas toilet atau botol bekas minuman, lalu buat boneka wajah-wajah anggota keluarga. Buat gambar wajah-wajah anggota keluarga pada rol bekas atau botol bekas, buatkan pakaian dengan kertas, lalu gunakan benang katun untuk membuat rambutnya. Setelah boneka anggota keluarga tadi selesai dibuat, minta anak merangkai cerita dengan boneka-bonek tersebut.

 

Baca juga:Parenting Case: 4 Tips Jika Kakak Adik Sering Bertengkar

 

5.Gunakan bahan-bahan dari alam. Misalnya, daun kering bisa dipakai sebagai alas menggambar atau sebagai kuas untuk menciptakan lukisan bermotif daun.

6.Bunda juga bisa mengajak anak membuat perhiasan dari sedotan plastik bekas atau potongan-potongan kertas warna.

 

Nah, mengasyikkan, bukan?

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro