Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Ini, Lo, Minuman Sehat Buat Si Kecil

author
Hasto Prianggoro
Senin, 17 Desember 2018 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Tak hanya makanan sehat, anak juga butuh minuman sehat untuk tumbuh kembangnya. “Hanya ada 2 minuman sehat buat anak, yaitu susu dan air putih,” kata Lisa Asta, MD, dokter anak di Walnut Creek, AS. 

Air putih

Air putih mengandung 0 kalori yang baik bagi otot dan otak supaya tetap terhidrasi. Berapa kebutuhan air putih bagi anak, tergantung usia anak, jenis kelamin, cuaca, dan seberapa aktif anak. Secara umum anak di bawah 3 tahun butuh 2-4 gelas. Jika anak aktif, kebutuhan cairan mereka tentu bertambah. Buah dan sayuran seperti ketimun, melon, atau lettuce juga mangandung air, jadi tak ada salahnya dikonsumsi.

| SHUTTERSTOCK

Susu

Susu mengandung kalsium dan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Setelah masa ASI eksklusif, anak berusia di bawah 2 tahun butuh susu murni (whole milk) sebagai minuman sehari-hari, dengan catatan selama mereka tidak overweight. Akan tetapi, setelah usia 2 tahun, sebaiknya ganti susu murni dengan susu rendah lemak (non-fat milk). Anak batita butuh susu rata-rata 2 gelas sehari. 

 

Baca juga: Asupan Sehat Bagi Si Kecil, Ini 4 Kelompok Makanannya

 

Jus, Bolehkah?

Jus buah murni 100% masih oke bagi anak, meskipun kadang-kadang saja diberikan. Batasi juga jumlah jus yang diminum. The American Academy of Pediatrics, seperti dikutip webmd.com, menyarankan anak usia 3 tahun minum jus kurang dari 200ml sehari. Jumlahnya dibatasi karena jus mengandung banyak gula. Contoh, seperempat liter jus jeruk mengandung kira-kira 22 gram gula atau 110 kalori.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro