There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Dulu, Tahun Baru DIrayakan 31 Maret. Ini Fakta Menarik Lainnya Tentang Malam Tahun Baru

author
Isna Triyono
Minggu, 16 Desember 2018 | 12:00 WIB
FLICKR |

Malam tahun baru dirayakan di seluruh negara di dunia. Namun banyak tradisi dan perayaan yang berbeda antar negara.

Selain itu, masih banyak fakta menarik tentang malam tahun baru.

1. Kalender Romawi menetapkan 1 Maret sebagai tahun baru. Saat itu, satu tahun baru berisi 10 bulan, dimulai pada bulan Maret.

Baca juga: Awalnya, Anting Adalah Asesori Untuk Laki-Laki

2. Baru pada tahun 1582, kalender Gregorian menetapkan 1 Januari sebagai tahun baru.

3. Januari dinamai dari Janus, dewa dengan dua wajah, yang satu melihat ke depan dan yang satu melihat ke belakang. Janus adalah dewa permulaan, transisi, gerbang, pintu, lorong, dan akhir.

4. Tradisi perayaan Malam Tahun Baru berbeda-beda di berbagai negara. Di Italia orang memakai pakaian dalam berwarna merah pada malam tahun baru untuk membawa keberuntungan sepanjang tahun. Tradisi ini berasal dari Abad pertengahan.

5. Di Jepang, orang Budha membunyikan lonceng di kuil 108 kali sebagai lambing penghapusan dosa-dosa dari tahun lalu.

6. Perayaan tahunan Hogmany di Skotlandia, para pria mengayunkan bola api di atas kepala mereka saat parade di jalan diyakini membawa tahun yang akan datang penuh dengan ‘matahari’ (keberuntungan dan kesuksesan).

7. Tradisi menyalahkan kembang api sudah dimulai saat zaman Mesopotamia, 2000 Sebelum Masehi dan dirayakan sekitar saat titik balik musim semi, pertengahan Maret.

SHUTTERSTOCK |

8. Memakan lobster dan ayam saat malam tahun baru dianggap akan membawa nasib buruk karena lobster bergerak mundur dan ayam menceker untuk mencari makan. Ini diyakini membawa pembalikan keberuntungan.

Baca juga: 10 Fakta Menakjubkan Tentang Bayi

9. Menurut “Entertaining from Ancient Rome to the Super Bowl: An Encyclopedia,," orang pertama yang kamu temui di malam Tahun Baru bisa menjadi pasangan setiap sepanjang tahun ke depan.

10. “Cium seseorang pada pergantian malam tahun baru dan kamu akan memiliki keberuntungan dalam cinta sepanjang tahun,” tulis Joanne Wannan dalam bukunya "Kisstory: A Sweet and Sexy Look at the History of Kissing."

COUNTDOWN ENTERTAINMENT |

11. 45 % orang Amerika membuat resolusi Tahun Baru. Yang paling banyak adalah resolusi menurunkan berat badan, menjadi lebih teratur dalam hidup, hemat dan banyak menabung, rajin olahraga, dan berhenti merokok.

12. Tapi 25% nya sudah menyerah, enggak melanjutkan mewujudkan resolusinya pada minggu kedua bulan Januari.

Kalau kamu, apa resolusi kamu tahun depan?

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono