To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

10 Makanan yang Harus Dihindari Bayi

author
Isna Triyono
Senin, 17 Desember 2018 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Saat bayi memauki tahap MPAsi, adalah saatnya orangtua, khususnya ibu untuk mengenalkan semua jenis makanan.

Tapi ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya ditunda diberikan pada bayi hingga umurnya lebih besar nanti.

Supaya jangan salah memilih menu MPAsi, sebaiknya ketahui 10 jenis makanna yang harus dihindari bayi.

1. Putih telur

Putih telur adalah sumber protein tinggi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Tetapi putih telur berbahaya bagi bayi yang berusia kurang dari satu tahun. Bakteri dalam putih telur dapat menyebabkan gangguan perut dan memicu komplikasi lain.

Baca juga: Anti Ribet, Ini Tips Menyimpan Puree Untuk Bayi

2. Selai Kacang

Selai kacang kaya akan potasium, protein, dan serat. Namun, teksturnya yang lengket dapat menyebabkan penumpukan dalam rongga mulut dan menyebabkan masalah gigi untuk bayi yang baru tumbuh gigi susu.

3. Sayuran Mentah

Sayuran mentah bisa mempertahankan gizi yang dikandungnya. Namun sangat tidak dianjurkan diberikan pada bayi karena bisa menyebabkan tersedak. Berikan sayuran yangs udah direbus, di-steam lalu dihaluskan.

SHUTTERSTOCK |

4. Kacang utuh

Kacang kaya akan serat, vitamin E, dan L-arginine. Namun, jika diberikan dalam bentuk utuh dapat menyebabkan penyumbatan pada kerongkongan dan si kecil mungkin akan tercekik.

5. Makanan Kalengan

Makanan kaleng sangat tidak dianjurkan diberikan pada bayi. Infeksi bakteri dari makanan kaleng sangat berbahaya bagi lambung bayi yang belum berkembang sempurna.

6. Ikan
Pada beberapa bayi, ikan memicu timbulnya laregi. Selain itu, ikan laut juga cenderung mengandung tingkat merkuri yang tinggi dan berbahaya bagi bayi.

7. Madu
Madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan orang dewasa. Madu mengandung spora dan kontaminan lain yang dapat menyebabkan infeksi pada bayi.

8. Jus Buah Kemasan
Jus buah kemasan mengandung banyak pengawet yang tidak dapat diproses oleh sistem pencernaan bayi. Sebaiknya kenalkan bayi dengan jus buah home made yang sudah terjamin kesegarannya.

Baca juga: Jangan Tidur Seranjang Dengan Bayi Jika …

9. Susu murni
Susu sapi murni yang belum lewati proses pasteurisasi, semua protein dan mineralnya enggak baik untuk dikonsumsi bati di bawah 1 tahun.

10. Buah Jeruk
Buah jeruk, lemon sangat asam dan dapat menyebabkan masalah perut untuk bayi. Setidaknya tunda memberi bayi jeruk hingga usianya 1 tahun.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono