Entah akan berkarier atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu.
Dian Sastrowardoyo

5 Makanan Mengandung Probiotik Yang Bagus Bagi Kesehatan

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 18 Desember 2018 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Probiotik, mikroorganisme mini yang hidup di dalam saluran pencernaan kita ini terbukti menjadi obat alamiah bagi berbagai gangguan kesehatan, mulai gangguan pencernaan, alergi, hingga obesitas dan depresi. Kekurangan probiotik bisa berdampak munculnya berbagai gangguan kesehatan, misalnya asam lambung naik, irritable bowel syndrome, jerawat, dan sebagainya. Berikut 5 Jenis makanan yang mengandung probiotik yang bagus dikonsumsi.

 

1.Cuka apel

Minuman yang sudah berusia ratusan tahun ini terbuat dari buah apel yang dihancurkan, disterilkan dan difermentasi. Cuka apel dikenal karena manfaatnya menurunkan tekanan darah dan membantu menurunkan berat badan.

 

Baca juga: Susah Tidur? Konsumsi Makanan Ini Agar Tidur Nyenyak

 

2.Kefir

Minuman sejenis yoghurt ini terbuat dari susu yang difermentasi. Minuman ini membantu memperkuat daya tahan tubuh dengan menghalangi pertumbuhan bakteri merusak seperti E.coli. Studi lain menemukan bahwa kandungan mikroba di dalam kefir bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan menghancurkan sel-sel kanker.

3.Kombucha

Minuman ini difermentasi dari teh hitam atau merah, gula, dan jamur. Kombucha mengandung antioksidan yang membantu melawan peradangan. Meski riset pada kombucha masih terbatas, namun beberapa studi menunjukkan bahwa kombucha juga membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

| SHUTTERSTOCK

4.Kimchi

Makanan tradisional Korea ini terbuat antara lain dari kol yang difermentasi dan sayuran lain seperti wortel dan lobak mini. Riset menunjukkan bahwa kimchi yang difermentasi dengan bakteri probiotik asam laktat ditambah bumbu-bumbu seperti bawang putih, jahe, dan daun bawang mengandung banyak khasiat antara lain antiradang, antibakteri, dan antipenuaan.

5.Yoghurt

Minuman ini kaya akan nutrisi, antara lain kalsium, potasium, dan vitamin B-12. Yoghurt juga mengandung 2 bakteri baik, yakni Lactobacillus dan Streptococcus thermophilus yang membantu meredakan gangguan pencernaan dan kesehatan usus besar. Lactobacillus juga membantu mengurangi depresi.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro