If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Susah Tidur? Konsumsi Makanan Ini Agar Tidur Nyenyak

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 22 November 2018 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Tidur yang nyenyak sudah seperti suatu hal yang wajib untuk menunjang aktivitas kita seharian keesok harinya. Sayangnya, ada beberapa orang yang kerap mengalami susah tidur atau tidurnya tidak nyenyak.

Akibat dari sulit tidur atau tidur tidak nyenyak bukan saja menyebabkan badan lemas, tetapi juga mood dan konsentrasi menjadi jauh berkurang.

Untuk kamu yang kerap mengalami hal itu, coba deh mengonsumsi beberapa makanan berikut ini sebagai menu makan malam agar tidur bisa lebih nyenyak dan berkualitas.

  1.     Susu Hangat

Minum segelas susu hangat sebelum tidur dijamin membuat kamu bisa tidur nyenyak. Pasalnya, susu mengandung senyawa tryptophan yang memberi efek menenangkan dan membuat tubuh lebih rileks.

  1.     Telur

Kandungan protein pada sebutir telur sangat tinggi dan dapat menstabilkan tingkat gula darah dalam tubuh. Masukkan telur dalam menu makan malam, maka dijamin tidurmu akan lebih lelap.

SHUTTERSTOCK |

  1.     Oatmeal

Selama ini orang mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan yang sehat. Untuk kamu yang kerap mengalami sulit tidur atau tidurnya kurang nyenyak, bisa nih mencoba mengganti menu makan malam biasa dengan oatmeal. Kamu boleh menambahkan buah-buah pada oatmeal. Oatmeal membuat kamu kenyang lebih lama dan tidur menjadi lebih nyenyak.

Baca juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Tidur

  1.     Almond

Almond menjadi salah satu camilan yang sehat. Jika mengalami sulit tidur, kamu bisa ngemil almond sebelum tidur karena kacang ini mengandung magnesium dan triptofan, zat yang membuat tubuhmu tenang dan rileks. Enggak perlu terlalu banyak, cukup ngemil almond segenggam saja.

ALMOND |

  1.     Yoghurt

Sama seperti susu, yoghurt juga mengandung banyak kalsium yang baik bagi tubuh. Asupan kalsium yang cukup juga membuat kita bisa tidur nyenyak.

Baca juga: 8 Makanan Pencegah Radang

 

  1.     Teh Hijau

Meminum secangkir teh hijau hangat sebelum tidur sangat dianjurkan bagi kamu yang mengalami susah tidur atau tidur tidak nyenyak. Karena teh hijau tidak mengandung kafein dan membuat tubuhmu rileks.

SHUTTERSTOCK |

  1.     Pisang

Kalium yang terkandung dalam pisang sangat bermanfaat untuk merileksasi otat-otot tubuh. Konsumsi pisang sebelum tidur membuat tubuhmu rileks dan rasa kantuk cepat datang.

SHUTTERSTOCK |

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi