A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Tidur

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 25 Oktober 2018 | 09:37 WIB
SHUTTERSTOCK |

Manusia membutuhkan tidur untuk mengembalikan fungsi organ-organ tubuh serta menjaga kesehatan. Tapi tahukah kamu, apa saja yang terjadi pada tubuh saat kita tidur? Baca 7 fakta berikut ini ya.

Saat tidur tubuh beristirahat untuk memulihkan energi yang seharian telah terpakai. Namun ada bagian-bagian tubuh kita yang tetap bekerja.

Otak, terutama bagian yang mengatur memori, tetap bekerja. Mata tetap mengalami pergerakan. Sedangkan hormon pertumbuhan  memperbaiki sel-sel otot serta menyokong pertumbuhan tulang.

Ingin tahu apa lagi yang terjadi pada tubuh saat kita tidur?

1. Suhu tubuh turun

Selama kita tidur, suhu tubuh turun untuk membakar kalori dan melepas hormon melatonin. Melatonin adalah hormon yang berperan pada ritme sirkadian tubuh.

2.Racun-racun dibersihkan

Pada saat tidur, tubuh menyaring dan mengeluarkan racun sekaligus membersihkan molekul yang rusak. Proses ini akan memberi kesempatan tubuh dan otak untuk memperbarui sel-selnya.

Baca juga: 6 Pertanyaan Favorit Orang Tua Tentang Tidur Anak

3.Berat badan hilang

Sepanjang malam, berat badan akan turun karena tubuh mengalami dehidrasi, baik melalui penguapan maupun proses bernapas. Pada saat kita tidur, tidak ada makanan atau air yang masuk ke tubuh untuk menggantikan cairan yang keluar. Tak heran jika pada saat bangun tidur di pagi hari, kita merasa lebih langsing.

Baca Juga: 8 Fakta Unik Tubuh Manusia

4.Tubuh jadi memanjang

Pada saat tubuh berbaring, tekanan pada sendi tulang belakang akan berkurang sehingga tulang belakang akan memperbaiki diri. Hasilnya, tubuh pun akan memanjang.

5.Sering tersentak

Salah satu fenomena yang sering dialami pada saat tidur adalah otot-otot mendadak tertarik sehingga mengakibatkan tubuh seperti tersentak. Pada beberapa kasus, ini cukup untuk membuat kita terbangun.

Baca Juga: Fakta Tentang Berlari

6.Kulit meremajakan diri

Kolagen, protein yang berperan untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan kencang, banyak diproduksi pada saat kita tidur. Ini karena adanya stimulasi dari hormon pertumbuhan yang dilepas pada saat kita terpejam.

7.Sering terbangun

Tahukah kamu, kita sebetulnya sering sekali terjaga pada saat tidur, bisa sampai 15 kali per jam. Ini biasanya terjadi pada saat pergantian fase tidur. Namun proses terjaga ini sangat singkat sehingga kita lebih sering tidak ingat.

  • ALITA/DOK.KANYA.ID |
  • |
  • |
Penulis Hasto Prianggoro
Editor Isna Triyono