If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

4 Makanan yang Harus Dikonsumsi Setelah Keguguran

author
Isna Triyono
Senin, 26 November 2018 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Selain dukungan emosional, wanita pasca mengalami keguguran juga membutuhkan asupan gizi yang baik agar cepat pulih.

Seperti yang kita ketahui, keguguran dapat menyebabkan perdarahan dan pusing. Kondisi ini membuat wanita perlu asupan gizi yang baik.

Apa saja makanan yang harus dikonsumsi setelah keguguran agar kondisi fisiknya kembali sehat?

Baca juga: 4 Bahan Alami Ini Bisa Mencegah Stretch Marks Selama Kehamilan

1. Makanan kaya zat besi

Keguguran membuat zat besi dalam tubuh kamu menipis. Beberapa kasus bahkan menyebabkan anemia dan kelelahan. Itulah mengapa sangat penting mengonsumsi makanan kaya kandungan zat besi.

Daging tanpa lemak adalah sumber zat besi yang baik. Tetapi ingat, untuk memasaknya dengan tingkat kematangan sempurna. Daripada digoreng, daging tanpa lemak sebaiknya dipanggang.

Makanan sumber zat besi lainnya antara lain kacang polong, sayuran berdaun hijau, kismis, kacang-kacangan, kedelai, beras merah, dark chocolate.

SHUTTERSTOCK |


2. Makanan kaya kalsium

Selama kehamilan, cadangan kalsium dalam tubuh kamu bisa menurun. Itulah sebabnya sangat penting untuk mengonsumsi makanan kaya akan kalsium. Sumber kalsium terbaik antara lain susu, produk susu dan turunannya, makanan laut seperti sarden dan salmon, dan sayuran berdaun gelap.

Baca juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

3. Makanan yang terasa enak

Keguguran, berapa pun usia kehamilannya, pasti membuat kamu depresi. Ada beberapa perempuan yang cepat menangani rasa depresinya, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu lama.

Untuk meringankan depresi, kamu bisa memakan makanan yang terasa enak, atau makanan favoritmu. Disarankan, makanan itu juga mengandung magnesium karena magnesium tidak hanya membantu kamu mengatasi depresi tetapi juga membantu produksi energi tubuh, perbaikan sel serta fungsi saraf dan otot.

4. Buah dan sayuran

Selain membutuhkan makanan kaya zat besi dan kalsium, kamu juga sebaiknya mengonsumsi makanan kaya vitamin C. Makanan kaya vitamin C membantu dalam penyerapan zat besi yang lebih baik oleh tubuh. Makanan kaya vitamin C dapat kamu temui dalam buah-buahan dan sayuran seperti pepayan, stroberi, dan anggur.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono