We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Jangan Cuma Terkenal, Ini 6 Cara Memilih Rumah Sakit Untuk Melahirkan

author
Isna Triyono
Selasa, 18 Desember 2018 | 14:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Memilih rumah sakit untuk melahirkan harus melewati banyak pertimbangan. Apa saja?


1. Reputasi Rumah Sakit

Ini adalah pertimbangan yang paling utama. Bunda bisa memeriksa reputasi RS tersebut lewat googling soal fasilitas apa aja yang tersedia atau dokter yang berafiliasi atau bekerja di sana.

Untuk lebih akurat, googling juga pengalaman ulasan dari ibu yang sudah pernah melahirkan di sana. Biasanya, justru sharing dan feed back ini yang bisa memberimu gambaran detail dan lengkap. Kalau perlu, Bunda bisa menghubungi ibu tersebut untuk bertanya lebih jauh, misalnya soal tingkat kepuasan, kualitas dokter dan perawatnya.

2. Konsultasi

Jika sudah nyaman dengan dokter obgyn langgananmu, buatlah daftar rumah sakit di mana saja dia berpraktik. Konsultasikan pada dokter tersebut, dari daftar RS tersebut, mana yang menjadi rekomendasinya, yang memiliki staf terbaik untuk perawatan persalinan dan pemulihan pasca melahirkan.

3. Tur Rumah Sakit

Setelah mempersempit daftar rumah sakit, kunjungilah yang menjadi kandidat kuatnya. Datangi bangsal khusus persalinan, lihatlah ukuran kamar, fasilitas, dan kelengkapannya, serta jumlah dokter dan perawat yang tersedia.

4. Anggaran

Salah satu aspek terpenting saat memilih rumah sakit adalah yang sesuai dengan budget Bunda. Jika berencana akan menggunakan asuransi, pastikan sudah berafiliasi dengan asuransi Bunda, apa saja yang di-cover dan tidak.

SHUTTERSTOCK |


5. Jarak dari Rumah

Jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke rumah sakit juga enggak boleh diabaikan. Pilih rumah sakit yang jaraknya dekat dengan rumah, terutama dalam kasus kehamilan berisiko tinggi.

Pastikan Bunda sudah menentukan rute yang akan ditempuh saat waktunya melahirkan. Pilih rute yang paling menghemat waktu tentunya.

Baca juga: Perhatikan, Ini Tanda Bayi Akan Segera Lahir

6. Fasilitas dan Teknologi

Pastikan rumah sakit yang kamu pilih memiliki fasilitas dan teknologi yang lengkap untuk semua kasus persalinan. Misalnya aja untuk persalinan risiko tinggi, C-section, ruangan untuk bayi prematur atau lahir dengan berat rendah, NICU, PICU, dokter khusus laktasi dan lain sebagainya.

 

Dengan merencanakan rumah sakit tempat bersalin, ibu hamil bisa lebih tenang menjelang melahirkan.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono